> >

Buat Kamu Railfans! Mulai 17 Oktober, KA Dharmawangsa Beroperasi dengan Kereta New Generation

Travel | 16 Oktober 2024, 22:00 WIB
PT KAI (Persero) kembali meningkatkan layanan dengan menghadirkan rangkaian kererta Ekonomi New Generation pada KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen. (Sumber: KAI)

SURABAYA, KOMPAS.TV- PT KAI (Persero) kembali meningkatkan layanan dengan menghadirkan rangkaian kererta Ekonomi New Generation pada KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen.

Rangkaian Ekonomi New Generation ini mulai beroperasi pada Kamis (17/10/2024), berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi dengan jadwal keberangkatan pukul 22.30 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 09.01 WIB. 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, rangkaian kereta Ekonomi New Generation pada KA Dharmawangsa ini berkapasitas 72 tempat duduk dan berjenis captain seat.

"Tentu pelanggan akan semakin nyaman, karena selain leg-room lebih luas, sandaran kursi dapat diatur kemiringannya dan juga dapat diatur sesuai arah laju KA ataupun berhadapan," ungkapnya.

Baca Juga: KAI Bangun 2 Stasiun Baru di Jalur KRL Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung

Luqman menerangkan ada sejumlah kelebihan kereta ekonomi New Generation. Yaitu leg room lebih luas, jenis kursi tipe captain seat dan bisa diatur kemiringannya (reclining), bisa disesuaikan laju KA atau berhadapan (revolving), dilengkapi dengan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. 

Kemudian memiliki toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan kloset duduk, serta nuansa interior lebih cerah.

Dalam operasional sebelumnya, KA Dharmawangsa memiliki stamformasi 3 kereta eksekutif dengan jumlah 150 tempat duduk, 6 kereta ekonomi dengan jumlah 480 tempat duduk, dan 1 kereta makan pembangkit, sehingga mampu mengakomodir 590 pelanggan.

Sedangkan mulai Kamis (17/10), KA Dharmawangsa memiliki stamformasi 3 kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk, 6 kereta Ekonomi New Generation dengan kapasitas 432 tempat duduk, dan 1 kereta makan pembangkit.

Baca Juga: Aksi Heroik 2 Kakek di Blora Hentikan Kereta Lintasi Rel Putus Dapat Apresiasi PT KAI

Penulis : Dina Karina Editor : Gading-Persada

Sumber : KAI


TERBARU