> >

World Mental Health Day: 5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan | 10 Oktober 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi kesehatan mental (Sumber: Joice Kelly on Unsplash)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day (WMHD) diperingati pada 10 Oktober setiap tahunnya. Momen ini bertujuan untuk mengumpulkan suara dan kolaborasi demi menciptakan perubahan positif dalam perawatan kesehatan jiwa di seluruh dunia.

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 mengusung tema ‘It is Time to Prioritize Mental Health in the Workplace’ atau 'Saatnya Memprioritaskan Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja'. Tema ini diambil mengingat betapa signifikan hubungan antara pekerjaan dan kesehatan mental. 

Dikutip dari laman WHO, diperkirakan sekitar 15 persen orang dewasa usia kerja mengalami gangguan mental pada 2019. Menurut WHO, pekerjaan yang layak dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental seseorang. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk FOMO untuk Kesehatan Mental

Sementara, lingkungan kerja yang buruk seperti diskriminasi, ketidaksetaraan, beban kerja yang berlebihan, dan rendahnya kontrol atas pekerjaan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental.

Ada berbagai kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dikutip dari laman Healthline, berikut berbagai kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental

1. Kurangi main sosial media

Terlalu banyak menerima informasi tentang kehidupan orang lain dapat menyebabkan Anda membandingkan diri dan menimbulkan rasa rendah diri. Hal ini dapat meningkatkan perasaan cemas dan depresi.

Batasi bermain media sosial dan buatlah daftar aktivitas alternatif yang lebih bermanfaat untuk menggantikan sesi bermain sosial media yang bida Anda lakukan. Ada baiknya lakukan detoks sosial media dalam kurun waktu tertentu. 

2. Bersosialisasi secara langsung

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU