> >

7 Manfaat Air Rendaman Nanas Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Kesehatan | 2 Oktober 2024, 00:00 WIB
Ilustrasi air nanas rebus yang baik untuk kesehatan. (Sumber: Sajian Sedap)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nanas dengan nama latin Ananas comosus merupakan salah satu buah tropis yang digemari banyak orang. Tidak hanya segar, nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Nanas tidak hanya enak dinikmati langsung. Air rendaman buah ini ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. 

Kandungan nutrisi yang kaya dalam nanas, terutama enzim bromelain, membuat air rendamannya memiliki khasiat yang luar biasa. Melansir laman Healthline, bromelain memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, sehingga dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. 

Baca Juga: Rasakan Manfaat Buah Nanas, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Ragam manfaat air rendaman nanas jika dikonsumsi setiap hari.

1. Mengatasi peradangan

Konsumsi air rendaman nanas secara teratur dapat membantu meringankan cedera olahraga ringan dan radang sendi. Enzim bromelain mendukung upaya tubuh untuk menghilangkan racun.

Enzim tersebut bekerja dengan mengurangi efek peradangan yang mempengaruhi semua organ dan jaringan dalam sistem.

2. Menghilangkan bakteri jahat dalam usus

Kandungan bromelain dalam nanas juga dapat menghilangkan parasit dari usus dan hati. Ada beberapa penelitian yang mengonfirmasi bahwa minum air nanas selama tiga hari berturut-turut dapat menghilangkan cacing pita.

3. Menunjang kesehatan pencernaan

Manfaat air rendaman nanas selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Enzim bromelain memiliki peran penting dalam memecah protein.

Enzim ini merangsang gerakan usus dan mempercepat proses pencernaan, sehingga mengurangi kembung dan perut terasa lebih nyaman. Selain bromelain, nanas juga kaya akan serat. 

Serat berfungsi sebagai prebiotik, yaitu makanan bagi bakteri baik di usus. Dengan adanya bakteri baik yang sehat, sistem pencernaan kita akan bekerja lebih optimal dan terhindar dari berbagai masalah. 

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : Healthline


TERBARU