> >

Bagaimana Cara Menghindari Dampak Buruk Duduk Sepanjang Hari?

Kesehatan | 15 Juli 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi duduk (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apakah pekerjaan membuatmu harus duduk sepanjang hari?

Penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan  duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk hipertensi, masalah jantung, dan diabetes.

Nah, jika kamu mendapati bahwa aktivitas sehari-harimu lebih banyak duduk, apa yang harus dilakukan agar terhindar dari dampak buruknya?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa periode olahraga tertentu dapat membantu mengurangi efek duduk terlalu lama, dan menariknya, kita tidak perlu berada di gym selama berjam-jam untuk melakukannya. 

Melansir The Washington Post, penelitian terbaru yang menunjukkan seberapa banyak olahraga dapat melawan duduk seharian.  

Penelitian ini mengikuti para astronot dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta 34 peserta di Houston yang secara sukarela terikat di tempat tidur selama 70 hari dan berbaring dengan posisi kepala menghadap ke bawah, yang merupakan simulasi kondisi perjalanan luar angkasa.

Baca Juga: IDI Ungkap Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Anak-anak dan Lansia

Meskipun kondisi tanpa gravitasi di luar angkasa dapat mempersulit pemeliharaan kepadatan tulang dan massa otot, para peneliti menemukan bahwa olahraga dapat mengalihkan efek duduk berjam-jam.

Secara khusus, selama satu jam, enam hari seminggu, para peserta berlari sprint di atas treadmill atau bersepeda cepat selama 30 menit dan melakukan “squat, leg press, heel raise, dan leg curl, menggunakan beban yang cukup berat sehingga mereka hampir tidak bisa menyelesaikan delapan hingga 12 repetisi.

Setelah 70 hari, sebagian besar peserta mempertahankan massa otot dan daya tahan kardiovaskular mereka, bahkan setelah 23 jam per hari tidak banyak bergerak.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU