> >

Daftar Ikan Rendah dan Tinggi Natrium, Penderita Hipertensi Harus Tahu

Tren | 24 Mei 2024, 08:47 WIB
Ilustrasi ikan segar. (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ikan dikenal sebagai sumber protein hewani yang kaya akan nutrisi penting seperti omega-3 untuk mendukung kesehatan jantung dan otot.

Namun, bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, konsumsi ikan perlu dilakukan dengan bijak. Sebagian besar ikan hidup di laut yang kaya garam, sehingga cenderung mengandung natrium yang tinggi.

Konsumsi makanan tinggi natrium, termasuk ikan, dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, kondisi yang perlu diwaspadai oleh penderita hipertensi.

Natrium memang merupakan mineral penting untuk membentuk fungsi otot dan saraf yang optimal. Bersama dengan klorida, natrium membantu tubuh menjaga keseimbangan kadar air dan mineral.

Namun, menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terlalu banyak mengonsumsi garam yang terdiri dari natrium dan klorida dapat berdampak negatif bagi tubuh.

Baca Juga: Dokter Sebut Kebanyakan Gula pada Anak adalah Jembatan Potensi Kanker

Salah satu dampaknya adalah peningkatan tekanan darah serta pengerasan pembuluh darah dan arteri dalam jangka panjang, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Untuk menghindari risiko tersebut, penderita hipertensi perlu memperhatikan asupan natrium dari makanan, termasuk ikan.

Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), anjuran konsumsi garam per hari adalah 2.000 miligram (2 gram) natrium per orang, yang setara dengan 1 sendok teh atau 5 gram garam.

Namun, kebutuhan natrium setiap orang berbeda, tergantung usia dan faktor risiko. Pasien hipertensi dianjurkan untuk membatasi asupan natrium menjadi 1,5 gram per hari atau setara dengan 3,5-4 gram garam per hari.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU