> >

Suhu Panas Diprediksi Terjadi hingga Agustus 2024, Ini Tips agar Tak Mudah Sakit

Kesehatan | 4 Mei 2024, 07:45 WIB
ilustrasi. BMKG memperkirakan suhu panas yang terjadi di Indonesia saat ini masih akan berlangsung hingga Agustus atau September mendatang. (Sumber: Freepik)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan suhu panas yang terjadi di Indonesia saat ini masih akan berlangsung hingga Agustus atau September mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan penyebab suhu panas di Indonesia pada awal Mei 2024 ini karena fenomena tahunan, yakni siklus gerak semu matahari.

“Secara karakteristik fenomena suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun,” ujar Guswanto, Kamis (2/5/2024).

Meski demikian, dia memastikan suhu panas yang melanda Indonesia tidak dipengaruhi gelombang panas (heatwave) yang tengah terjadi di sejumlah negara di Asia Selatan dan Tenggara.

Baca Juga: Apa Itu Heat Wave yang Melanda Sejumlah Negara Asia? BMKG Bantah Indonesia Alami Gelombang Panas

“Kalau di Indonesia hanya panas terik, suhu harian, bukan sebagai gelombang panas yang ada di Asia. Secara karakteristik tidak terpenuhi,” kata Guswanto, dikutip dari Kompas.com.

Imbauan BMKG

Meski bukan heatwave, BMKG mengimbau masyarakat untuk meminimalkan waktu berada di bawah paparan matahari antara pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk mengoleskan cairan pelembap tabir surya SPF 30+ setiap dua jam untuk melindungi kulit.

Untuk menjaga kesehatan dan stamina di tengah cuaca panas, dianjurkan minum air putih dan makan buah segar yang mencukupi sehingga tidak terjadi dehidrasi dan iritasi kulit.

Tips Menghadapi Suhu Panas

Penulis : Dian Nita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com, kemkes.go.id


TERBARU





A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: