> >

18 Oktober Hari Menopause Sedunia: Mengenal Sejarah, Fakta, hingga Pentingnya Kesadaran Ini

Kesehatan | 18 Oktober 2023, 06:35 WIB
Ilustrasi Dokter yang menjelaskan tentang Menopause (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS TV - Hari Menopause Sedunia yang jatuh pada 18 Oktober setiap tahunnya, adalah momen tepat untuk kita mengangkat isu penting yang terkadang terlupakan, yaitu menopause.

Menopause adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penurunan alami hormon reproduksi wanita, dimulai antara usia 45 hingga 55 tahun, ketika tubuh mengalami siklus menstruasi terakhirnya.

Beberapa gejala umum menopause meliputi hot flashes (serangan panas), night sweats (keringat malam), perubahan mood, dan gangguan tidur.

Semua gejala ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan depresi. Setelah menopause, wanita memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan kondisi seperti penyakit jantung dan osteoporosis.

Dikutip dari laman National Today, berikut ini adalah sejarah, fakta penting, dan cara memperingati Hari Menopause Sedunia.

Sejarah Hari Menopause Sedunia

Hari Menopause Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1984 oleh World Health Organization (WHO) dan International Menopause Society (IMS) dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang kondisi yang memengaruhi perempuan seiring bertambahnya usia.

Selain menetapkan Hari Menopause Sedunia, WHO dan Masyarakat Menopause Internasional juga menetapkan bulan Oktober sebagai Bulan Menopause Sedunia sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran tentang tahap dalam hidup seorang wanita ketika dia berhenti menstruasi.

Tidak hanya itu, ditetapkannya Bulan Menopause Sedunia juga bertujuan meningkatkan kesadaran tentang penyakit kronis yang lebih mungkin memengaruhi wanita setelah menopause.

Bulan Menopause Dunia pertama kali diadakan pada Oktober 2014. Masyarakat Menopause Internasional mempromosikannya dan meluncurkan kampanye yang disebut "Prevention of Diseases After Menopause".

Tentunya hal tersebut dapat membantu wanita memahami masalah kesehatan yang mungkin terkait ketika mendekati, selama, dan setelah menopause.

Penulis : Almarani Anantar Editor : Fadhilah

Sumber : National Today


TERBARU