> >

Kekesalan Tentara Rusia terhadap Tentara Korea Utara Terungkap Berkat Sadapan Intelijen Ukraina

Kompas dunia | 26 Oktober 2024, 15:09 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengawasi latihan perang militer Korea Utara, Rabu (6/3/2024). (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

 

KURSK, KOMPAS.TV - Tentara-tentara Rusia rupanya bingung bagaimana caranya memimpin, menyediakan amunisi serta perlengkapan militer untuk tentara-tentara Korea Utara.

Hal itu terungkap dalam rekaman audio hasil penyadapan yang diperoleh intelijen Ukraina yang menunjukkan kekesalan tentara Rusia dengan kehadiran tentara Korea Utara. Hasil penyadapan tersebut dirilis, Jumat (25/10/2024).

Baca Juga: Iran Siap Balas Serangan Israel, Perang Timur Tengah di Depan Mata?

Dilansir CNN, tentara Rusia berbicara dengan nada meremehkan tentang kedatangan tentara Korea Utara, yang diberi nama sandi “Batalion K”. Pada satu titik, mereka menghina tentara Korea Utara sebagai “Si China”.

Pada rekaman itu, seorang prajurit menggambarkan reaksi tentara lain yang ditugaskan bertemu tentara Korea Utara.

“Dan ia berdiri dengan mata seperti akan keluar, sambil memaki,” kata tentara itu.

“Ia datang kemari dan mengatakan sambil kesal mengenai apa yang harus dilakukannya dengan mereka,” tambah tentara itu.

Intelijen Pertahanan Ukraina mengungkapkan telah menyadap suara tersebut dari saluran transmisi Rusia terenkripsi pada Rabu (23/10/2024) malam.

Analisis Ukraina atas penyadapan itu mengungkapkan pergerakan tentara Korea Utara yang telah direncanakan pada Kamis (24/10/2024), di area Postoyalye Dvory, Kursk, Rusia.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : CNN


TERBARU