> >

Militer Korea Utara Salah Satu yang Terbesar di Dunia, tapi Seberapa Kuat? Cek Faktanya

Kompas dunia | 26 Oktober 2024, 05:10 WIB
Demonstrasi militer yang melibatkan unit tank, yang dipandu oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tidak ditampilkan dalam gambar), diadakan di Korea Utara, 13 Maret 2024 dalam gambar ini yang dirilis pada 14 Maret 2024, oleh Kantor Berita Pusat Korea. (Sumber: KCNA)

SEOUL, KOMPAS.TV Militer Korea Utara kembali menjadi sorotan setelah Amerika Serikat (AS) bergabung dengan Korea Selatan dan Ukraina menuduh Pyongyang mengirim ribuan tentara ke Rusia, diduga untuk mendukung pertempuran di perang Ukraina.

Berikut adalah beberapa fakta dan perkiraan terkait Tentara Rakyat Korea (Korean People’s Army/KPA) serta unsur-unsur lain dari militer Korea Utara, sebagaimana dilaporkan Straits Times, Jumat (25/10/2024).

Baca Juga: Zelenskyy Klaim Pasukan Korea Utara akan Diterjunkan oleh Rusia di Ukraina dalam Waktu Dekat

Berapa Banyak Pasukan Korea Utara?

Dengan sekitar 1,3 juta personel aktif, KPA adalah salah satu militer terbesar di dunia, hanya tertinggal dari negara-negara besar seperti China dan AS. Berdasarkan data dari International Institute for Strategic Studies (IISS), Korea Utara juga memiliki sekitar 600.000 pasukan cadangan dan 5,7 juta anggota Garda Merah Pekerja/Petani sebagai cadangan, di luar beberapa unit yang tidak dipersenjatai.

KPA terbagi dalam empat cabang utama: angkatan darat, angkatan udara, angkatan laut, dan pasukan strategis yang dilengkapi dengan misil balistik yang bisa dipasangi hulu ledak nuklir. Korea Utara juga merupakan salah satu negara paling termiliterisasi di dunia, di mana semua pria berusia antara 17 hingga 30 tahun diwajibkan menjalani dinas militer selama 3 hingga 12 tahun. 

Angkatan udara diperkirakan memiliki sekitar 110.000 personel dan angkatan laut sekitar 60.000.

Baca Juga: Putin Respons Tuduhan Barat Soal Tentara Korea Utara di Rusia: AS dan Barat yang Memulai

Para prajurit berpartisipasi dalam demonstrasi selama pelatihan unit tempur udara dan amfibi Tentara Rakyat Korea, dalam gambar yang dirilis pada 16 Maret 2024 oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (Sumber: KCNA)

Apakah Militer Korea Utara Kuat?

Korea Utara adalah salah satu dari sembilan negara di dunia yang diketahui memiliki senjata nuklir. Mereka telah membangun sejumlah misil yang diklaim bisa dipasangi bom nuklir, mulai dari senjata taktis jarak pendek hingga rudal balistik antarbenua (ICBM) yang berpotensi menjangkau seluruh wilayah AS.

KPA memiliki jumlah peralatan militer konvensional yang sangat besar, meskipun banyak di antaranya sudah tua dan usang, termasuk tank era Soviet seperti T-34, model dari China, serta tank produksi domestik seperti Chonma-ho atau Songun-ho. Unit lapis baja dan mekanis KPA memiliki lebih dari 6.900 tank dan kendaraan lapis baja, menurut White Paper Pertahanan 2022 Korea Selatan.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Straits Times / KCNA


TERBARU