> >

Dubes: Rusia dan Indonesia Akan Gelar Latihan Angkatan Laut Bersama "Orruda" pada November

Kompas dunia | 20 Oktober 2024, 07:10 WIB
Foto arsip. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) meluncurkan kapal perang Republik Indonesia di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (21/8/2021). (Sumber: Dok. Pemkab Banyuwangi)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov mengatakan Rusia dan Indonesia akan mengadakan latihan angkatan laut bersama pertama yang diberi nama "Orruda" pada November mendatang. 

Tolchenov mengatakan latihan ini akan melibatkan tiga kapal perang dari Armada Pasifik Rusia.

“Pada November, sekelompok kapal dari Armada Pasifik akan melakukan kunjungan persahabatan ke Pelabuhan Surabaya. Ini akan terdiri dari tiga korvet modern kami. Kunjungan semacam ini sebenarnya sudah rutin kami lakukan hampir setiap tahun,” kata Tolchenov dalam wawancara dengan kantor berita Rusia, TASS, Sabtu (19/10/2024), dikutip dari Anadolu.

Dia menambahkan, Indonesia juga secara rutin mengirimkan kapal-kapalnya untuk berkunjung ke pelabuhan-pelabuhan Rusia sebagai bagian dari kerja sama maritim antara kedua negara.

Latihan gabungan ini akan menjadi latihan militer skala besar pertama yang melibatkan angkatan laut Rusia dan Indonesia. 

"Pada bulan November, sehubungan dengan kunjungan ini (kapal-kapal Rusia), akan ada latihan angkatan laut skala besar pertama antara Rusia dan Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Wakil Pertama PM Rusia Denis Manturov Tiba di Indonesia, Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran Besok

Menurut Tolchenov, latihan ini juga memiliki potensi untuk diadakan secara rutin setiap dua tahun sekali.

"Mungkin suatu hari nanti kita bisa melakukan latihan semacam itu bukan di perairan dekat Indonesia, tetapi, katakanlah, di bagian lautan dunia yang lebih dekat dengan Timur Jauh Rusia. Ada banyak kemungkinan di sini," ucapnya.

Nama "Orruda" sendiri merupakan akronim dari simbol negara kedua negara, yakni elang Rusia atau "oryol", dan Garuda, lambang negara Indonesia.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Anadolu


TERBARU