> >

Korea Utara Bersiap Perang Modern, Kim Jong-Un Diminta Perluas Terowongan Bawah Tanah

Kompas dunia | 19 Oktober 2024, 12:45 WIB
Dalam foto tak bertanggal yang dirilis pemerintah Korea Utara, tampak pemimpin negara itu, Kim Jong-un, mencoba sebuah senjata dalam inspeksi tiga hari pada 3-5 Agustus 2023 ke pabrik-pabrik amunisi utama di Korea Utara. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Badan mata-mata Korea Utara sudah melakukan persiapan jika negara tersebut akan melakoni perang modern.

Bukannya memperkuat senjata nuklir negara tertutup itu, mereka meminta pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memperluas terowongan bawah tanah di bawah markas besarnya.

Biro Umum Pengintaian (RGB), yang merupakan agen mata-mata militer Korea Utara telah mengajukan proposal kepada Kim Jong-un.

Baca Juga: Filipina Tegang, Wapres Sara Duterte Ancam Gali Kuburan Ayah Presiden dan Buang Jasadnya ke Laut

Proposal itu adalah memperluas terowongan bawah tanah di bawah markas besar mereka, dengan alasan itu merupakan persyaratan peperangan modern.

Daily NK, Jumat (18/10/2024), mengungkapkan sumber di Pyongyang menyebut RGB menganggap terowongan yang ada di bawah markas besarnya di lingkungan Sopo-3 di Distrik Hyongjesan sangat tak memadai untuk peperangan modern.

Mereka pun telah mengirimkan proposal tertulis untuk mendapatkan persetujuan Kim Jong-un pada awal bulan ini, terkait perluasan terowongan itu.

RGB menggambarkan perluasan terowongan sebagai tugas mendesak untuk menyelesaikan persiapan tempur untuk meningkatkan pertahanan nasional.

Biro itu menekankan pentingnya mempersiapkan peperangan modern dengan meningkatkan kemampuan badan mata-mata, dan menciptakan fasilitas komando dan kontrol yang aman dari serangan udara atau presisi musuh.

Menurut proposal itu, terowongan tersebut diperluas agar memberikan ruang terlindungi untuk memimpin operasi, menyimpan peralatan canggih dan aset strategis.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Daily NK


TERBARU