> >

Pelantikan Prabowo-Gibran Akan Dihadiri 20 Kepala Negara, Termasuk MBZ dan Raja Yordania Abdullah II

Kompas dunia | 17 Oktober 2024, 10:56 WIB
Menhan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto (kiri) bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ (kanan), di Istana Al Shati, Abu Dhabi, Senin (13/5/2024). (Sumber: istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI akan dihadiri sekitar 20 kepala negara.

Di antara yang hadir adalah Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) dan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein.

Prabowo-Gibran akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10/2024).

Baca Juga: AS Bantah Netralitas China pada Konflik Rusia-Ukraina: Mereka Bantu Moskow

Dilansir dari Kompas.id, setidaknya 20 kepala negara dan kepala pemerintahan, yang selama ini menjadi sahabat Prabowo, akan hadir.

Begitu juga pemimpin negara-negara ASEAN, dan negara-negara lainnya akan ikut hadir.

Acara tersebut rencananya juga akan dihadiri utusan khusus dari sejumlah negara, seperti Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Menlu Inggris, Perdana Menteri Australia dan negara-negara Eropa lainnya.

Begitu pula duta besar negara sahabat yang ada di Indonesia.

Raja Abdullah II serta MBZ, serta kepala negara lainnya, seperti dari China, Qatar dan Arab Saudi, dipastikan hadir di Indonesia sejak Jumat (18/10/2024), dua hari sebelum Prabowo-Gibran dilantik.

“Pokoknya, negara-negara yang selama enam bulan terakhir dikunjungi oleh Menteri Pertahanan Prabowo, yang juga presiden terpilih,” ujar Andy Rachmianto, Kepala Protokol Negara yang juga Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Rabu (16/10/2024) malam.

Penulis : Haryo Jati Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.id


TERBARU