> >

G20 Setujui Dana Konservasi Hutan Tropis yang Berhasil Dilestarikan

Kompas dunia | 5 Oktober 2024, 00:03 WIB
Hutan Hujan atau Hutan Tropis. Menteri lingkungan negara-negara G20 termasuk Indonesia hari Kamis, 3 Oktober 2024, menyepakati dukungan terhadap penciptaan sumber pendanaan khusus untuk konservasi ekosistem, memberikan dana bagi seluruh negara dengan hutan tropis berdasarkan luas area yang berhasil dilestarikan.  (Sumber: Sciencing)

SAO PAULO, KOMPAS TV - Menteri lingkungan negara-negara G20 termasuk Indonesia menyepakati dukungan terhadap penciptaan sumber pendanaan khusus.

Yakni untuk konservasi hutan dan ekosistem, memberikan dana bagi seluruh negara dengan hutan tropis berdasarkan luas area yang berhasil dilestarikan. 

Keputusan ini diambil menyusul usulan dari Brasil yang mengajukan pembentukan dana abadi untuk konservasi hutan tropis.

Inisiatif Brasil yang dinamakan Tropical Forests Forever Facility menawarkan penghargaan kepada negara-negara yang memiliki hutan tropis atas upaya mereka melindungi bioma penting dunia.

Berbeda dengan Amazon Fund, yang memberikan imbalan hanya kepada Brasil jika berhasil menurunkan angka deforestasi.

Inisiatif ini memberikan manfaat dana bagi seluruh negara dengan hutan tropis berdasarkan luas area yang berhasil dilestarikan.

Komunitas lokal dan masyarakat adat yang terlibat dalam pemeliharaan ekosistem tersebut juga akan mendapatkan kompensasi karena telah menjaga ekosistem yang “bermanfaat bagi semua,” kata João Paulo Capobianco, Sekretaris Eksekutif Kementerian Lingkungan Hidup Brasil kepada wartawan usai pertemuan menteri-menteri G20 seperti laporan Associated Press, Jumat, 4 Oktober 2024. 

Selama empat hari di Rio de Janeiro, para menteri lingkungan dari negara-negara maju dan berkembang terkemuka membahas langkah-langkah konkret untuk menangani perubahan iklim, penurunan keanekaragaman hayati, dan degradasi lingkungan.

Ini menjadi salah satu fokus utama Brasil yang saat ini memegang presidensi G20 hingga akhir tahun, dengan pertemuan kepala negara yang direncanakan berlangsung di Rio bulan depan.

Selain itu, para menteri juga membahas strategi pendanaan, baik dari sektor publik maupun swasta

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Associated Press


TERBARU