> >

Pesawat Presiden Brasil Alami Masalah Teknis, Mendarat Lagi di Meksiko, Sempat Berputar-putar 4 Jam

Kompas dunia | 2 Oktober 2024, 12:58 WIB
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva. (Sumber: AP Photo/Andre Penner)

MEXICO CITY, KOMPAS.TV — Pesawat yang membawa Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva mendarat dengan selamat di Bandara Felipe Angeles, Mexico City, Selasa (1/10/2024) waktu setempat setelah sempat berputar-putar di udara selama empat jam akibat masalah teknis.

Pesawat Airbus A319 tersebut lepas landas dari Mexico City pada Selasa sore setelah Lula menghadiri pelantikan Presiden Meksiko Claudia Sheinbaum. 

Namun, tak lama setelah lepas landas, pesawat mengalami kendala teknis yang mengharuskan pilot mengambil langkah pencegahan.

Angkatan Udara Brasil mengonfirmasi bahwa pesawat berhasil mendarat dengan aman pada pukul 19.16 waktu setempat setelah beberapa jam berputar di udara untuk menghabiskan bahan bakar. 

"Kami mendarat dengan selamat dan semua dalam keadaan baik," ujar juru bicara kepresidenan Brasil, José Chrispiniano, dikutip dari The Associated Press.

Pesawat yang membawa 16 orang, termasuk Ibu Negara Rosângela Lula da Silva, anggota kabinet, anggota parlemen, serta kru, lepas landas hampir lima jam sebelum akhirnya mendarat kembali di bandara yang sama. 

Lula dilaporkan tetap tenang, meski sempat khawatir selama penerbangan berlangsung.

Angkatan Udara Brasil dalam pernyataannya menegaskan bahwa semua prosedur keamanan dijalankan dengan baik untuk menangani masalah teknis tersebut. 

“Prosedur keamanan untuk masalah ini dilakukan dengan sukses, tetapi pilot harus menunggu hingga bahan bakar cukup habis agar pesawat dapat kembali mendarat dengan aman di bandara asal,” kata pernyataan tersebut.

Baca Juga: Claudia Sheinbaum Dilantik sebagai Presiden Perempuan Pertama Meksiko

Sumber dari dalam pesawat yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa kondisi di dalam pesawat tetap terkendali, meskipun situasi sempat menegangkan. Para penumpang dikabarkan lega ketika akhirnya pesawat mendarat.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Associated Press


TERBARU