> >

AS Protes Jet Tempur Rusia Su-35 Melintas Sangat Dekat dari F-16 Miliknya di Alaska

Kompas dunia | 1 Oktober 2024, 23:35 WIB
Dalam gambar yang diambil dari video pada 23 September 2024, jet tempur F-16 AU AS yang beroperasi di bawah Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD), melakukan intersep rutin terhadap pesawat Rusia, Tu-95, di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Alaska. (Sumber: US Air Force/AP Photo)

ANCHORAGE, KOMPAS TV - Pejabat militer Amerika Serikat (AS) merilis rekaman video mengejutkan yang menunjukkan pertemuan antara jet tempur Rusia yang terbang di dekat Alaska dan pesawat tempur F-16 Angkatan Udara AS yang dikirim untuk menghalau. 

Dalam video yang dirilis pada Senin (30/9/2024), tampak pesawat Rusia muncul dari belakang kamera dan melintas dengan jarak yang sangat dekat dari jet AS.

Video ini dirilis setelah terjadinya insiden pada 23 September 2024, ketika pilot AS berada di bawah arahan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD), mencatat apa yang mereka sebut sebagai serangkaian pelanggaran oleh Rusia di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, tepat di luar ruang udara kedaulatan AS.

Baca Juga: Perang Ukraina Tak Kunjung Selesai, Rusia Tingkatkan Anggaran Pertahanan hingga 40 Persen dari APBN

Interaksi ini menuai kecaman dari pejabat tertinggi NORAD dan salah satu senator AS dari Alaska.

"Tindakan satu jet Su-35 Rusia sangat tidak aman, tidak profesional, dan membahayakan semua orang — bukan apa yang kita lihat dalam angkatan udara profesional," ujar Jenderal Gregory Guillot, komandan NORAD dan Komando Utara AS.

Menurut dia, pesawat NORAD menjalani rutinitas "aman dan disiplin" untuk mengadang pesawat Rusia tersebut.

Sebuah pesan yang dikirim kepada Kedutaan Rusia pada Senin untuk meminta komentar terkait hal tersebut, tidak segera mendapatkan balasan.

Baca Juga: Pentagon Rilis Video Insiden Drone AS dan Jet Tempur Rusia di Laut Hitam

Kejadian ini terjadi beberapa minggu setelah delapan pesawat militer Rusia dan empat kapal angkatan lautnya, termasuk dua kapal selam, mendekati Alaska saat Rusia dan China melakukan latihan bersama. 

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Associated Press


TERBARU