> >

Jokowi Sebut Kunjungan Paus Fransiskus Miliki Pesan Kuat tentang Arti Pentingnya Merayakan Perbedaan

Kompas dunia | 4 September 2024, 10:51 WIB
Presiden Indonesia Joko Widodo, kedua dari kiri, menerima Paus Fransiskus, kiri, dalam penyambutan seremonial di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 4 September 2024. (Sumber: Bay Ismoyo/Pool Photo via AP)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut kunjungan Pemimpin Negara Vatikan sekaligus Pemimpin Umat Katolik sedunia Paus Fransiskus memiliki pesan yang sangat kuat tentang arti pentingnya merayakan perbedaan.

Pernyataan Jokowi tersebut ia sampaikan dalam sambutannya saat kunjungan Paus Fransiskus ke Istana Negara, Rabu (4/9/2024).

“Negara kita Indonesia menyambut gembira dan hangat kedatangan Bapak Suci Paus Fransiskus, dan saya medengar ini adalah penerbangan terpanjang yang Bapa Suci lakukan. Terimakasih Paus Fransiskus,” ucapnya megawali sambutan, seperti dikutip dari siaran langsung Youtube Kompas TV.

“Kunjungan ini memiliki pesan yang sangat kuat tentang arti pentingnya merayakan perbedaan, di mana Indonesa sebagai negara majemuk yang terdiri dari beragam etnis,” ujarnya.

Jokowi mengatakan dirinya telah menyampaikan pada Paus Fransiskus bahwa Indonesia memiliki 714 suku bangsa/etnis, dan 17 ribu pulau yang ditinggali.

“Semua berbeda budaya, agama, dan suku bangsa.”

“Terus berupaya menjaga harmoni di tengah kebinekaan yang kita miliki. Bagi Indonesia perbedaan adalah anugerah,” ujarnya.

Baca Juga: Paus Fransiskus ke Istana Hari Ini, Guru Besar UPH Soroti Hubungan Bilateral Indonesia-Vatikan

Toleransi, lanjut Jokowi merupakan pupuk bagi persatuan dan perdamaian sebagai sebuah bangsa.

“Di mana Indonesia  sangat beruntung memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga dapat hidup rukun berdampingan.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU