> >

Menlu Retno: Indonesia Fokus Dorong Gencatan Senjata Pasca Terpilihnya Yahya Sinwar Memimpin Hamas

Kompas dunia | 8 Agustus 2024, 15:23 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Indonesia tetap fokus mendorong perdamaian dan gencatan senjata di Palestina, seiring keputusan Hamas memilih Yahya Sinwar sebagai Kepala Biro Politik yang baru. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Indonesia tetap fokus mendorong perdamaian dan gencatan senjata di Palestina, seiring keputusan Hamas memilih Yahya Sinwar sebagai Kepala Biro Politik mereka yang baru.

"Kita fokus pada usaha perdamaian, jadi kita jelas mendorong agar terjadi gencatan senjata," kata Menlu Retno di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Selain itu, Retno menambahkan Indonesia juga berupaya agar bantuan kemanusiaan ke Palestina bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Indonesia tetap mendukung solusi dua negara sebagai satu-satunya jalan menuju perdamaian.

Retno Marsudi juga menyampaikan dirinya akan bertemu delegasi Palestina untuk menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina.

"Kita tetap fokus, dan sore ini saya akan bertemu delegasi Palestina yang datang sebagai tamu PBNU. Kami akan kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina," jelasnya.

Lebih jauh, Retno juga menegaskan Indonesia selalu berada di garis depan dalam mendukung keanggotaan Palestina di PBB dan mengakui keberadaan negara Palestina. Indonesia terus mendukung agar Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) bisa bekerja tanpa gangguan.

Hamas lanjutkan negosiasi gencatan senjata di Gaza

Sementara itu, setelah terpilihnya Yahya Sinwar menggantikan Ismail Haniyeh yang tewas di Teheran, Hamas menyatakan akan melanjutkan negosiasi gencatan senjata di Gaza. Osama Hamdan, salah satu pimpinan Hamas, menyatakan bahwa Sinwar akan tetap terlibat dalam proses negosiasi yang sedang berlangsung.

"Negosiasi dikelola oleh para pemimpin, dan Sinwar tidak jauh dari proses tersebut. Dia adalah bagian dari detailnya," kata Hamdan kepada Anadolu, Rabu (7/8).

Baca Juga: Yahya Sinwar Jadi Pemimpin Hamas, Ini Dampaknya bagi Perang di Gaza dan Upaya Gencatan Senjata

Pemimpin baru Hamas, Yahya Sinwar. Menlu Indonesia Retno Marsudi ikut angkat bicara soal terpilihnya Yahya Sinwar menggantikan Ismail Haniyeh. (Sumber: Anadolu)

Adapun Hamas dan Iran menuduh Israel sebagai pelaku pembunuhan Haniyeh, tetapi Israel tidak berani mengakui atau memberi bantahan resmi.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara, Kemlu RI, Anadolu


TERBARU