> >

Biden Disebut Mulai Bisa Menerima Desakan Mundur dari Pilpres, tapi Keputusan Belum Dibuat

Kompas dunia | 19 Juli 2024, 10:06 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden saat membujuk serikat pekerja untuk mendukungnya dalam Pilpres 2024, Rabu (10/7/2024). (Sumber: AP Photo)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut mulai bisa menerima dirinya harus mundur dari Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sejumlah orang dekat Biden pada Kamis (18/7/2024) mengatakan sang presiden tampak sudah mulai bisa menerima ia mungkin tak mampu menang pada pilpres November mendatang, sehingga harus mundur dari pencalonan.

Tampaknya, Biden mulai menuruti tuntutan yang semakin tinggi yang datang dari banyak anggota Partai Demokrat yang cemas dia akan kalah.

Baca Juga: Israel Ungkap Bunuh Pemimpin Pasukan Elite Hizbullah pada Serangan Udara ke Selatan Lebanon

Namun, dikutip dari The New York Times, salah satu sumber mengatakan Biden masih belum menetapkan keputusan untuk mundur dari pemilihan.

Tetapi sumber lainnya mengatakan "kenyataan mulai muncul" dan tidak akan mengagetkan jika Biden kemudian akan mengumumkan Wakil Presiden Kamala Harris sebagai penggantinya di pilpres.

Pernyataan itu berdasarkan wawancara dengan empat orang yang dekat dengan Biden, dan semuanya menggambarkan situasinya sangat rumit.

Mereka juga berbicara dengan syarat anonim agar tak menyinggung perasaan Biden.

Saat ini, Biden masih menjalani isolasi di rumah peristirahatannya di Pantai Rehoboth, Delaware, setelah didiagnosis Covid-19 pada Rabu (17/7/2024).

Banyak anggota Partai Demokrat yang jauh dari Gedung Putih mengatakan internal partai semakin berharap Biden akan mengalah.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : The New York Times


TERBARU