> >

Jusuf Kalla Sebut Afghanistan Makin Aman usai Taliban Berkuasa: Tidak Ada Lagi Ketakutan

Kompas dunia | 6 Juni 2024, 12:24 WIB
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat berjalan-jalan di Kabul, Afghanistan, bersama penduduk setempat. (Sumber: Tim dokumentasi Jusuf Kalla via Kompas.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla alias JK menyebut situasi Afghanistan semakin aman di bawah pemerintahan Taliban.

JK berkunjung ke Afghanistan pada Minggu (2/6/2024) hingga Rabu (5/6) lalu dan bertemu pejabat tinggi Taliban.

Ketua Palang Merah Indonesia itu melihat langsung kondisi terkini ibu kota Kabul di bawah pemerintahan Taliban.

Organisasi ini mengambil alih Afghanistan dari pemerintahan Ashraf Ghani usai penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) pada 2021 lalu.

JK menyebut Afghanistan terlihat semakin aman saat dirinya berkunjung. Sebelumnya, politikus senior Partai Golkar itu telah tiga kali mengunjungi Afghanistan.

Baca Juga: JK Berkunjung ke Afghanistan Bahas Investasi, Taliban Ingin Resmikan Hubungan dengan Indonesia

Di bawah rezim Taliban, Kalla melihat jalanan di Kabul kini tidak lagi dipenuhi pria bersenjata. Dia mengatakan banyak warga yang berjalan-jalan dan situasi pasar juga ramai.

"Saya sendiri kaget dengan suasana Afghanistan kini dibandingkan tahun 2020 lalu, terakhir saya ke sana," kata JK dalam wawancara dengan Kompas.id yang diterbitkan pada Kamis (6/6). 

"Sekarang orang bebas jalan-jalan di malam hari, tanpa takut ada bom. Toko banyak yang buka, juga penerbangan dan pesawat di bandara."

JK menyebut kini pos keamanan dan barikade sudah mulai jarang terlihat di Kabul. Dia mengakui di sejumlah tempat masih terlihat penjagaan tentara Taliban. Menurut dia, hal itu karena Taliban mewaspadai risiko masuknya ISIS.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Kompas.id


TERBARU