> >

Sosok Penembak PM Slowakia Ternyata Kakek 71 Tahun, Mantan Satpam dan Penyair

Kompas dunia | 16 Mei 2024, 20:06 WIB
Seorang pria diringkus polisi usai menembak Perdana Menteri Slowakia Robert Fico di Handlova, Slowakia, Rabu (15/5/2024). (Sumber: Radovan Stoklasa/TASR via AP)

BRATISLAVA, KOMPAS.TV - Sosok penembak Perdana Menteri (PM) Slowakia Robert Fico pada Rabu (15/5/2024), dilaporkan adalah seorang pria berusia 71 tahun.

Media-media Slowakia melaporkan, tersangka yang ditangkap polisi bernama Juraj Cintula, dikenal sebagai penyair yang telah menerbitkan tiga kumpulan puisi dan satu novel.

Cintula juga tercatat sebagai anggota organisasi penulis Slowakia dan pernah menjadi satpam di sebuah pusat perbelanjaan di Levice, barat Slowakia.

Tersangka percobaan pembunuhan perdana menteri itu juga diketahui ikut mendirikan Klub Sastra Duha (Pelangi).

Nama Cintula umumnya muncul di laporan media-media Slowakia. Dalam konferensi pers pada Rabu (15/5/2024), Menteri Dalam Negeri Slowakia Sutaj Estok mengonfirmasi identitas pelaku.

"Saya pikir saya bisa mengonfirmasi ini (identifikasi pelaku), ya," kata Estok, dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: Begini Kondisi PM Slowakia usai Ditembak, Percobaan Pembunuhan Diduga Bermotif Politik

Menurut laporan media Slowakia, TV Noviny, Kamis, pelaku saat ini ditangkap polisi dan disangkakan dengan pasal pembunuhan berencana.

Jika divonis bersalah, Cintula dapat dihukum 25 tahun hingga penjara seumur hidup.

Kepada polisi, Cintula dilaporkan mengaku merencakan penembakan Robert Fico beberapa hari sebelum kejadian. Sang penyair mengaku tidak ingin membunuh Fico, melainkan sekadar melukainya.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Al Jazeera, TV Noviny


TERBARU