> >

Polisi Israel Izinkan Warganya ke Kompleks Masjid Al-Aqsa di Bulan Ramadan, Memicu Kekhawatiran

Kompas dunia | 8 Maret 2024, 07:32 WIB
Kepolisian Israel hari Kamis (7/3/2024) mengumumkan warga Israel akan diizinkan mengunjungi kompleks Al-Aqsa selama minggu pertama Ramadan, memicu kekhawatiran tentang akses warga Palestina ke situs bersejarah ini selama bulan suci. (Sumber: Anadolu)

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Kepolisian Israel hari Kamis (7/3/2024) mengumumkan warga Israel akan diizinkan mengunjungi kompleks Al-Aqsa selama minggu pertama Ramadan, memicu kekhawatiran tentang akses warga Palestina ke situs bersejarah ini selama bulan suci.

Al-Aqsa sering menjadi tempat protes dan bentrokan warga Palestina dengan polisi Israel, terutama saat ketegangan, seperti dalam perang terkini antara Israel dan Hamas.

Warga Palestina di Tepi Barat tidak bisa pergi ke Yerusalem sesuai pembatasan Israel yang diberlakukan setelah serangan Hamas pada 7 Oktober di selatan Israel, yang diklaim Tel Aviv menewaskan 1.200 orang.

Invasi Israel ke Gaza sebagai respons telah menewaskan hampir dari 31.000 orang, sebagaimana dilaporkan Associated Press, Jumat (8/3/2024).

Masjid Al-Aqsa adalah situs ketiga terkudus dalam Islam. Bagi Yahudi, kompleks ini dianggap situs paling sakral dalam Yudaisme, dikenal sebagai Bukit Bait Suci menurut catatan Alkitab.

Pekan ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan jumlah orang yang diizinkan memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa untuk beribadah selama minggu pertama Ramadan akan sama seperti tahun sebelumnya dan akan dievaluasi "minggu demi minggu" sepanjang bulan suci.

Namun pernyataan Netanyahu tersebut tidak menyebutkan siapa yang akan diizinkan memasuki kompleks tersebut.

Pada tahun 2023, lebih dari 289.000 warga Palestina dari Tepi Barat mengunjungi Yerusalem untuk beribadah selama Ramadan, menurut otoritas Israel.

Polisi Israel tidak memberikan tanggapan terhadap permintaan The Associated Press untuk menjelaskan pembatasan tersebut. Bulan suci Ramadan diperkirakan akan dimulai pada Minggu, namun hal ini tergantung pada pengamatan bulan.

Baca Juga: Menteri Ekstremis Israel Ingin Jemaah yang Masuk Masjid Al-Aqsa Dibatasi Saat Ramadan

Masjid Al-Aqsa. Kepolisian Israel hari Kamis (7/3/2024) mengumumkan warga Israel akan diizinkan mengunjungi kompleks Al-Aqsa selama minggu pertama Ramadan, memicu kekhawatiran tentang akses warga Palestina ke situs bersejarah ini selama bulan suci. (Sumber: AP Photo)

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Associated Press / Times of Israel


TERBARU