> >

Pembelot Korea Utara Nilai Peluang Kim Ju-Ae Jadi Penerus Kim Jong-Un Sangat Kecil, Ini Alasannya

Kompas dunia | 10 Juni 2023, 13:52 WIB
Dalam foto tanpa tanggal yang dirilis pemerintah Korea Utara pada Minggu, 27 November 2022, tampak pemimpin Kim Jong-un (kiri) dan putrinya (kanan) berjalan menuju sesi foto bersama mereka yang terlibat dalam peluncuran apa yang diklaim sebagai rudal balistik interkontinental, Hwangsong-17, belum lama ini, di sebuah lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara. (Sumber: KCNA/Associated Press)

 

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Seorang pembelot Korea Utara mengungkapkan pendapatnya tentang siapa yang akan menjadi penerus pemimpin negara itu, Kim Jong-un.

Sejumlah kalangan menduga putri Kim Jong-un, Kim Ju-ae, bakal menjadi suksesor kediktatoran Korea Utara.

Pasalnya, Kim Jong-un kerap membawa Kim Ju-ae ke hadapan publik, termasuk saat mengawasi uji coba peluncuran rudal.

Namun, Kim Hyun-woo, pembelot yang sempat bekerja di badan intelijen Korea Utara, tidak sepakat dengan pendapat yang mengatakan Kim Ju-ae akan menjadi penerus Kim Jong-un.

Baca Juga: Kim Jong-Un Perintahkan Larangan Bunuh Diri untuk Warga Korea Utara, Ada Apa?

Kim Hyun-woo yang membelot ke Korea Selatan pada 2014, mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara eksklusif dengan NPR di Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (9/6/2023).

Kim sebelumnya bekerja selama 17 tahun di Kementerian Keamanan Negara Korea Utara. Ia bertugas di beberapa divisi, menganalisis data intelijen dan pada satu titik, bekerja di cabang luar negeri.

Ia bertugas melacak, mengidentifikasi dan menangkap pihak yang dipandang rezim Kim Jong-un sebagai agen musuh atau aktivitas musuh di negara itu.

Pada wawancara itu, Kim Hyun-woo mengungkapkan pendapatnya tentang siapa yang berkemungkinan bakal menjadi penerus Kim Jong-un.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : NPR


TERBARU