> >

Tornado Landa Mississippi, Bantuan Mulai Berdatangan

Kompas dunia | 27 Maret 2023, 09:10 WIB
Tumpukan reruntuhan bangunan yang hancur di Rolling Fork, Mississippi, Amerika Serikat (AS), Sabtu (25/3/2023), usai tornado menghantam wilayah ini pada Jumat (24/3) malam. (Sumber: AP Photo/Rogelio Solis)

MISSISSIPPI, KOMPAS.TV — Bantuan mulai mengalir ke salah satu wilayah termiskin di Amerika Serikat (AS) yang dilanda tornado pada Minggu (26/3/2023). Tornado yang melanda Mississippi, sedikitnya menewaskan 26 orang dan puluhan orang lainnya luka-luka.

"Semua yang bisa saya lihat dalam keadaan hancur," kata Jarrod Kunze, yang berkendara ke kota Rolling Fork, Mississippi, yang dalam keadaan rusak berat. 

Kunze termasuk di antara para sukarelawan yang bekerja pada hari Minggu untuk mendistribusikan makanan dan minuman kepada orang-orang yang terdampak tornado.

Kru pencarian dan pemulihan melanjutkan tugas berat menggali melalui rumah-rumah yang kini rata dengan tanah, bangunan komersial, dan kantor kota yang rusak. 

Baca Juga: Korban Tewas Tornado Mississippi Capai 26 Orang, Walikota: Kota Saya Hilang

Badai melanda begitu cepat sehingga departemen sheriff di Rolling Fork hampir tidak punya waktu untuk membunyikan sirene untuk memperingatkan 2.000 warga. 

"Dan pada saat mereka memulai sirene, badai telah melanda dan menghancurkan sirene yang terletak tepat di sini," kata Wali Kota Eldridge Walker seperti dikutip dari The Associated Press. Wali Kota mengatakan kotanya hancur.

“Sharkey County, Mississippi, adalah salah satu kabupaten termiskin di negara bagian Mississippi, tapi kami masih bertahan,” katanya. 

Presiden Joe Biden mengeluarkan deklarasi darurat untuk Mississippi pada Minggu pagi, serta menyediakan dana federal untuk daerah yang paling terpukul.

 

Penulis : Tussie Ayu Editor : Desy-Afrianti

Sumber : The Associated Press


TERBARU