> >

Jaket Bulu Zelenskyy Dilelang di London, Laku Rp1,6 Miliar

Kompas dunia | 11 Mei 2022, 06:07 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, girang gencatan senjata bisa terjadi sehingga mampu mengevakuasi warga sipil dari Mariupol. (Sumber: Ukrainian Presidential Press Office via AP)

LONDON, KOMPAS.TV - Jaket fleece atau jaket bulu dengan warna camel yang kerap digunakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dilelang di London, Inggris.

Zelenskyy yang jadi sorotan sejak Februari 2022 silam terlihat kerap menggunakan jaket tersebut. Pakaian luaran yang kerap dipakai Zelenskyy di setiap agenda tersebut dilelang oleh Kedutaan Besar Ukraina untuk Inggris di London.

Seperti dilaporkan Kompas.com, Rabu (11/5/2022) pelelangan tersebut merupakan inisiasi dari Kedubes Ukraina yang diumumkan pada Kamis silam lewat acara bertajuk "Brave Ukraine".

Jaket ikonik berbulu tersebut ditanda tangani oleh Zelenskyy pada bagian lengan kiri.

Baca Juga: Bola Bisbol yang Ditandatangani Zelenskyy Dilelang untuk Membantu Ukraina

"Hari ini seluruh kata mengacu pada seorang pria yang mengenakan jaket bulu domba sederhana," tulis akun @ukrEmbLondon dalam pelelangan tersebut.

Pelelangan itu bertujuan untuk mengumpulkan dana mendukung Ukraina serta mengabarkan kisah keberanian terhadap ikon selama invasi yang berlangsung.

Tercatat, lelang jaket bulu berwarna camel yang diselenggarakan di galeri seni Tate Modern, London tersebut laku dengan harga di antara 110.000 dolar AS atau sekitar Rp1,6 miliar.

Tak hanya jaket Zelenskyy saja yang dilelang, terdapat beberapa mainan yang disumbangkan oleh Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska dan sejumlah foto oleh mendiang Max Levine.

Acara itu berhasil mengumpulkan dana lebih dari 1 juta dolar AS dan akan digunakan untuk membantu Pusat Medis Anak Khusus di Ukraina Barat.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas.com


TERBARU