> >

Tentara Rusia Kepung Kiev, Pasukan Ukraina Siap Hadapi Serangan Besar

Krisis rusia ukraina | 13 Maret 2022, 12:23 WIB
Pasukan Ukraina berjaga di Irpin, barat laut Kiev. Tentara Ukraina menegaskan telah siap menghadapi serangan Rusia di Kiev, setelah Ibu Kota tersebut dikepung oleh lawan. (Sumber: AP Photo/Efrem Lukatsky)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pasukan dan warga Ukraina di Kiev menegaskan telah siap untuk menghadapi serangan besar tentara Rusia.

Hal itu diungkapkan setelah tentara Rusia mengepung Ibu Kota Ukraina itu dengan artileri yang hanya berjarak beberapa kilometer.

Sirene serangan udara terdengar di seluruh wilayah Kiev, Sabtu (12/3/2022) kemarin, ketika serangan roket membuat penduduk berlarian mencari perlindungan.

Pertempuran pun meletus di beberapa daerah di sekitar Kiev.

Baca Juga: Tentara Rusia Tembaki Konvoi Berisi Perempuan dan Anak-Anak Ukraina, 7 Orang Tewas

Salah satu yang mengungkapkan kesiapannya adalah Yurii Malinskiyi, yang merupakan bagian dari pasukan pertahanan Ukraina di Kiev.

Baginya perang melawan Rusia menjadi sangat pribadi, karena adiknya tewas terkena tembakan roket, empat hari lalu.

Malinskiyi diketahui  merupakan mantan petugas angkatan udara, dan ia meninggalkan pekerjaannya sebagai supir truk di Belanda untuk bergabung dengan pertahanan sipil Ukraina.

“Saya mengenali adik saya dari bajunya. Tak ada cara lain untuk mengenali dirinya,” tutur Malinskiyi kepada Al-Jazeera.

“Di sini ada pria yang tak pernah perang, tak pernah menembak, dan tak pernah mendengar suara rifle, tetapi kami semua siap. Percayalah, moral saya tak pernah setinggi ini, dan sesiap ini,” tambahnya.

Penulis : Haryo Jati Editor : Gading-Persada

Sumber : Al-Jazeera


TERBARU