> >

Jepang Kembangkan Ashirase, Sepatu dengan Navigasi Satelit Khusus untuk Tunanetra

Kompas dunia | 2 Agustus 2021, 02:25 WIB
Sepatu navigasi Ashirase, buatan anak usaha Honda yang diperuntukkan bagi penyandang tunanetra. (Sumber: ANTARA/Honda)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelompok masyarakat dengan gangguan penglihatan, termasuk mereka yang tidak bisa melihat, tidak lama lagi akan mendapat layanan canggih berupa bantuan navigasi yang terletak di dalam sepatu.

Teknologi ini akan menambah kemandirian masyarakat tunanetra menuju kesetaraan dengan orang lain. 

Teknologi untuk kaum disabilitas ini diciptakan oleh Wataru Chino, seorang insinyur pabrik mobil listrik Honda EV, perusahaan pembuat mobil listrik Honda.

Wataru tergugah menciptakan teknologi ini setelah kematian seorang kerabatnya yang mengalami gangguan penglihatan.

Wataru mengembangkan sistem navigasi dalam sepatu, dijuluki Ashirase, yang memungkinkan orang berpenglihatan lemah menggunakan kaki mereka untuk bernavigasi, bukan dengan bantuan telepon seluler maupun alat bantu visual lainnya.

Sistem navigasi ini mendapatkan dukungan finansial dari program inkubator startup Ignition Honda dan terus menarik perhatian dunia.

Ashirase adalah sistem navigasi yang terdiri dari aplikasi smartphone dan perangkat getaran termasuk sensor gerak, yang terpasang di dalam sepatu.

Berdasarkan rute yang disetel dengan aplikasi, perangkat bergetar untuk menyediakan navigasi.

Ketika pengguna harus berjalan lurus, vibrator yang berada di bagian depan kaki bergetar, dan ketika pengguna mendekati belokan kanan atau kiri, vibrator di sisi kanan atau kiri bergetar untuk memberi tahu pengguna.

Navigasi yang disediakan oleh Ashirase memungkinkan pemahaman intuitif tentang rute, dan oleh karena itu pengguna tidak harus selalu memperhatikan arah, yang memungkinkan pengguna untuk berjalan lebih aman dan dengan kondisi pikiran yang lebih santai.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara/Associated Press


TERBARU