> >

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Kulkas, Bisa Diasap atau Pakai Garam

Tips, trik, dan tutorial | 9 Juli 2022, 05:40 WIB
Ilustrasi. Daging dapat diawetkan tanpa menggunakan kulkas dengan cara diasapi atau dilumuri garam (Sumber: Kompastv/Ant)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika hari raya Iduladha tiba, stok daging kambing dan sapi akan melimpah ruah. Salah satu cara mengawetkannya adalah dengan menaruh di kulkas. Namun, bagaimana cara mengawetkan daging tanpa kulkas?

Menurut Hari Purnomo dalam buku Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Daging terbitan Universitas Brawijaya Press, disebutkan bahwa pengawetan daging merupakan cara menghambat perubahan-perubahan yang dapat membuat daging tak layak konsumsi.

Daging perlu diawetkan karena dapat membusuk akibat kerja mikroorganisme, selain juga dampak proses fisik dan kimiawi.

Berikut cara mengawetkan daging tanpa kulkas, disitat dari buku Penyimpanan dan Pengawetan Daging karya Sutaryo terbitan Universitas Diponegoro:

1. Pengasapan

Pengasapan merupakan proses pengawetan dengan mengasapi daging pada suhu dan jangka waktu tertentu. 

Pengawetan daging dengan asap dapat dilakukan dengan metode pengasapan panas, pengasapan dingin maupun campuran dari kedua metode itu.

Adapun pengasapan dilakukan dalam rentang waktu 4 hingga 8 jam di lemari pengasapan.

Dalam model tradisional, pengasapan dilakukan di ruang asap yang disebut smoke house. Daging digantung pada rak asap atau kayu yang terdapat pada ruang asap.

Baca Juga: Resep Sate Maranggi Khas Purwakarta Cocok Jadi Inspirasi Olahan Daging Kurban Saat Iduladha

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU