> >

Bentara Budaya Gelar Pameran Arkeologi di Bawah Jalur MRT Bertajuk Jakarta Dari Bawah Tanah

Seni budaya | 25 September 2024, 23:00 WIB
Pameran bertajuk Jakarta dari Bawah Tanah digelar di Bentara Budaya Jakarta pada 25-29 September 2024 (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga kebudayaan Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran temuan arkeologis di bawah tanah proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT).

Pameran dan diskusi bertajuk “Jakarta Dari Bawah Tanah” tersebut digelar pada 25-29 September 2024 di Bentara Budaya Jakarta.

Pameran dan diskusi ini digagas oleh Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komda Jabodetabek.

Dengan latarbelakang Batavia, sebagai salah satu era dalam sejarah Jakarta yang dibangun oleh Perhimpunan Dagang Wilayah Hindia Timur (VOC), proyek pembangunan MRT menjadi salah satu jalan menguak sejarah Jakarta yang sudah terkubur lebih dari 400 tahun.

Baca Juga: Baparekraf Gelar Pameran Hasil Lokakarya Peserta BEDIL di Bentara Budaya 12-17 September 202

Dalam pembangunan salah satu ruasnya, MRT melibatkan para arkeolog, karena jalur sepanjang Gajah Mada dan Pintu Besar Selatan merupakan bagian dari pusat Kota Batavia dimasa lalu.

Di abad ke-19, terdapat sistem trem dan stasiun-stasiunnya di jalur tersebut dan jejak-jejaknya pun terkuak dalam penggalian arkeologis.

Temuan ribuan artefak juga memperlihatkan dinamika kehidupan dan panjangnya perjalanansejarah kota Jakarta yang belum banyak diketahui oleh publik.

Pameran ini mengemas informasi kesejarahan daripekerjaan MRT ini agar menjadi wadah pengetahuan kesejarahan bagi masyarakat.

Menurut ketua pelaksananya, Berthold Sinaulan, kegiatan ini merupakan wujud pertanggunganjawaban dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat luas bahwa setiap pembangunan di lokasi yang diduga situs bersejarah perlu melibatkan arkeolog dan pakar terkait.

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU