> >

Waspadai 3 Hal Ini untuk Mencegah Akun WhatsApp Dibajak

Lifestyle | 15 Februari 2021, 08:38 WIB
ilustrasi: aplikasi WhatsApp. (Sumber: slashgear.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pembajakan akun WhatsApp kini marak terjadi di lingkungan sekitar kita. Kejadian tersebut tentunya membuat kita menjadi semakin waspada karena jika lengah sedikit saja, akun WhatsApp kita bisa menjadi santapan berikutnya.

Hal ini tentunya menjadi sangat penting, mengingat WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi yang cukup penting, mulai dari obrolan teman hingga pekerjaan.

Pembajakan akun WhatsApp dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya pelaku akan meminya kode One Time Password (OTP) yang biasanya dikirimkan melalui pesan singkat SMS.

Berikut 3 hal yang harus diperhatikan agar tak kecolongan pembajakan akun WhatsApp, dikutip dari Kompas.com, Senin (15/2/2021).

1. Kode OTP

Kode OTP merupakan kode khusus yang diberikan melalui SMS saat seseorang akan masuk ke aplikasi WhatsApp. Kode ini juga menjadi gerbang bagi oknum yang ingin mengambil alih akun.

Mengingat pentingnya kode OTP ini, jangan berikan kode ini kepada orang lain dengan alasan apapun. Apalagi kepada orang yang asing yang sama sekali tidak kita kenal.

Baca Juga: Siap-Siap, April Mulai Pendaftaran CPNS 2021

2. Gunakan fitur kode PIN

Jika kode OTP terlanjur diberikan kepada orang lain, siapkan kode PIN WhatsApp yang berfungsi sebagai benteng kedua setelah kode OTP.

Penulis : Fiqih-Rahmawati

Sumber : Kompas TV


TERBARU