> >

Profil Budi Santoso, Menteri Perdagangan di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Ekonomi dan bisnis | 20 Oktober 2024, 22:38 WIB
Presiden Prabowo Subianto menunjuk Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan RI. (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Prabowo Subianto menunjuk Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan RI. Ia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Prabowo mengenalkan Budi sebagai Mendag di Istana Negara, Minggu (20/10/2024). Sebelumnya, Budi Santoso juga dipanggil Prabowo ke Kertanegara pada Senin (14/10), bersama para calon menteri lainnya.

Mengutip laman resmi Kemendag, Budi lahir pada 9 Februari 1968. Budi adalah ASN pejabat karir di Kemendag yang memulai karirnya dari bawah. 

Baca Juga: Prabowo Umumkan Nama Menteri Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya

Sebelum menjabat sebagai Sekjen, ia pernah menduduki jabatan strategis di kementerian tersebut. 

Budi Santoso pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022-Agustus 2024.

Pada September 2020-Desember 2022, ia menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020-September 2020.

Sebelumnya di 2010, Budi menjabat Kasubdit Ekonomi Kreatif pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, kemudian dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India.

Baca Juga: Daftar Nama Menteri Ekonomi Prabowo, Banyak Nama Lama dengan Jabatan Sama

Setelah itu, Budi Santoso diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU