> >

Panduan Praktis Cara Membuat CV yang Baik dan Benar untuk Perusahaan hingga HRD

Loker | 13 Juli 2023, 19:22 WIB
Berikut beberapa tips cara membuat curriculum vitae (CV) yang baik dan benar. (Sumber: Unsplash/Markus Winkler)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Curriculum Vitae (CV) adalah kunci pertama Anda untuk menarik perhatian Human Resource Development (HRD) saat melamar pekerjaan.

CV adalah daftar riwayat hidup yang memuat informasi penting tentang identitas, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta keahlian dan keterampilan yang Anda miliki.

Sebuah CV yang menarik tidak hanya mengandung informasi lengkap dan relevan, tetapi juga disajikan dengan cara yang mudah dipahami dan menarik secara visual.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Berapa Nilai Minimum agar Lolos Tes Bahasa Inggris?

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat CV yang baik dan benar hingga dapat menarik perhatian HRD sebagaimana disarikan dari berbagai sumber.

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

  1. Sajikan Informasi dengan Singkat dan Jelas

    Jelaskan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda secara singkat dan padat. Hindari penjelasan yang bertele-tele dan fokuslah pada poin-poin penting yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

  2. Tonjolkan Keahlian dan Pengalaman Relevan

    Sertakan pengalaman dan keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar posisi analis data, tunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan keahlian dalam penggunaan Microsoft Excel atau alat analitik data lainnya.

  3. Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

    Kesalahan tata bahasa atau ejaan bisa menciptakan kesan negatif bagi perekrut. Pastikan CV Anda menggunakan bahasa yang baik, benar, dan sopan.

  4. Desain Menarik

    CV Anda harus terlihat profesional dan menarik. Gunakan desain yang konsisten dan sederhana, dan hindari penggunaan warna atau font yang berlebihan.

  5. Cantumkan Kontak Aktif

    Penulis : Danang Suryo Editor : Fadhilah

    Sumber : Kompas TV


TERBARU