> >

Siap-Siap Bun, Mulai Besok Ada Operasi Pasar Daging Ayam, Harganya di Bawah Rp36.000/Kg

Ekonomi dan bisnis | 27 Juni 2023, 15:56 WIB
Badan Pangan Nasional (BPN) bersama Perumda Dharma Jaya dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI segera menggelar operasi pasar ayam murah di sejumlah wilayah Jakarta.  (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Pangan Nasional (BPN) bersama Perumda Dharma Jaya dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI segera menggelar operasi pasar ayam murah di sejumlah wilayah Jakarta. 

Pasalnya saat ini harga ayam sedang melambung tinggi.

Nantinya, harga ayam yang akan dijual di pasar murah berkisar di bawah Rp36.000/kilogram.

"Mulai besok (28/6), Badan Pangan Nasional, Perumda Dharma Jaya dan Dinas KPKP akan melakukan operasi pasar di lokasi-lokasi yang telah ditetapkan untuk menjual daging ayam dengan harga relatif murah," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (27/6/2023).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya akan menggelar operasi pasar selama tiga hari atau bahkan seminggu untuk menjual harga ayam murah untuk masyarakat Jakarta.

Baca Juga: Jokowi ke Pasar Palmerah, Kaget Harga Ayam Naik Jadi Rp50.000

"Dinas KPKP DKI akan menyiapkan lokasi di kelurahan-kelurahan yang ada di Jakarta untuk menggelar operasi pasar. Jadi, masyarakat dapat mendapatkan harga ayam yang murah," ujar Arief.

Ia menyampaikan, pihaknya telah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk menetapkan harga yang wajar di tingkat produsen (peternak) karena harga yang terlalu murah akan merugikan peternak.

"Sehingga harga jual di peternak harus wajar. Kita hitung harga pokok produksinya, kemudian harga di pedagang juga wajar," ucapnya.

Arief juga meluruskan adanya temuan harga daging ayam yang mencapai Rp50.000/kilogram saat Presiden Joko Widodo melakukan sidak ke Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, pada Senin (26/6).

Penulis : Dina Karina Editor : Deni-Muliya

Sumber : Antara


TERBARU