> >

Riset Litbang Kompas dan Mekari: Teknologi Dukung Pertumbuhan Bisnis Secara Berkelanjutan

Advertorial | 30 September 2024, 19:45 WIB
Riset Litbang Kompas dan Mekari, perusahaan penyedia SaaS, menemukan bahwa 52% perusahaan di Indonesia merasakan peningkatan efektivitas kerja setelah menggunakan SaaS. (Sumber: Dok. Mekari)

KOMPAS.TV – Teknologi dan transformasi digital akan semakin menjadi pemacu pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Hasil riset Penggunaan Teknologi Digital dalam Pengembangan Bisnis oleh Litbang Kompas dan Mekari, perusahaan software-as-a-service (SaaS), menunjukkan bahwa teknologi software berbasis awan membawa dampak positif bagi sustainable business growth, atau pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan, perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Riset yang dilakukan dengan mensurvei perusahaan lintas industri menemukan bahwa mayoritas  sudah sadar, atau aware, bahwa transformasi digital membawa dampak positif bagi bisnis, dimana 65 persen perusahaan mengakui bahwa transformasi digital mempermudah pengoperasian dan meningkatkan efektivitas bisnis. 

Bahkan, 73 persen perusahaan yang belum memanfaatkan SaaS berencana untuk mengadopsinya dalam satu hingga dua tahun ke depan dengan mempertimbangkan keamanan data, kesesuaian bisnis, dan kesiapan sumber daya manusia. 

Hasil riset dibahas lengkap di konferensi bisnis dan teknologi Mekari Conference 2024 saat sesi khusus KompasTV yang dipimpin oleh moderator Executive Producer KompasTV Dyah Megasari Anjaya.

Chief Customer Officer Mekari Arvy Egadipoera, peneliti Litbang Kompas Christian Marpaung, dan Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) hadir sebagai narasumber.

Chief Customer Officer Mekari Arvy Egadipoera mengatakan bahwa perusahaan di Indonesia sudah gencar mengadopsi SaaS, yang dicerminkan oleh temuan riset dimana sebanyak 55 persen perusahaan menyatakan sudah menggunakan SaaS selama lebih dari tiga tahun. 

Mekari, perusahaan penyedia SaaS, bersama Litbang Kompas, memaparkan riset yang membuktikan dampak positif transformasi digital dan SaaS bagi performa perusahaan. Wawasan menarik ini dibagikan saat Mekari Conference 2024. (Sumber: Dok. Mekari)

Produk SaaS untuk akuntansi dan pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), dan pengaturan layanan konsumen adalah yang populer digunakan oleh perusahaan.

“Ini menunjukkan maturity of the industry itself. Namun, ketika berinvestasi dalam teknologi khususnya yang paling mutakhir, perusahaan perlu memperhatikan kesiapan mereka. Faktor-faktor fundamental yang harus dipersiapkan termasuk human capital yang memadai dan kesesuaian teknologi dengan tantangan bisnis yang dihadapi,” jelas Arvy.

Adopsi SaaS pun telah membawa banyak manfaat. Hingga 52 persen perusahaan mengakui bahwa mereka sudah merasakan peningkatan efektivitas kerja, khususnya dalam hal pengaturan waktu kerja, pengelolaan sumber daya perusahaan, dan layanan purna jual, setelah menggunakan SaaS. 

Pemerintah Indonesia turut menyambut baik transformasi digital di dunia bisnis. Sekretaris Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M. Eng., menyatakan bahwa SaaS sangat membantu para pelaku usaha. 

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU