> >

Menlu Retno: Indonesia Pemain Utama di Kawasan dan Global

Advertorial | 9 Januari 2024, 11:40 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Menteri Luar Negeri (PPTM) 2024 yang diselenggarakan di Museum Konperensi Asia Afrika (KAA), Bandung (8/1/2024). (Sumber: Dok. Kementerian Luar Negeri)

KOMPAS.TV – Selama 10 tahun terakhir, Indonesia terus berkontribusi aktif dalam diplomasi di kawasan ASEAN dan dunia. Indonesia senantiasa meningkatkan kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia, yang dirasakan sekaligus diakui berbagai pihak.

Kontribusi dan pengaruh diplomasi Indonesia semakin diakui dunia,  terutama lewat keberhasilan keketuaan Indonesia menavigasi ASEAN di tengah rivalitas geopolitik di kawasan pada 2023 lalu.

Lowy Institute menyebut Indonesia sebagai middle power di Asia dengan pengaruh diplomatik dan kekuatan komprehensif yang terus meningkat. Diplomasi Indonesia juga dinilai memiliki pengaruh tertinggi di Asia Tenggara pada 2023.

Menurut Chatham House, Indonesia mampu berperan sebagai kekuatan penyeimbang penting di Asia.

Baca Juga: Menlu Retno: Indonesia Masih Kaji Kemungkinan Gabung BRICS

“Dalam 10 tahun terakhir, rekam jejak diplomasi Indonesia dirasakan di kawasan dan dunia. Kepemimpinan Indonesia juga diakui dunia, termasuk dalam menavigasi ASEAN selama keketuaan Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam Pernyataan Pers Menteri Luar Negeri (PPTM) 2024 yang diselenggarakan di Museum Konperensi Asia Afrika (KAA), Bandung (8/1/2024).

Lebih lanjut, Menlu mengutip the Strait Times yang pada 1 Januari 2024 lalu menulis bahwa keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 sangat menonjol karena mampu menavigasi ASEAN melewati lanskap geopolitik global.

Kepemimpinan Indonesia di kawasan juga dinilai sangat berperan dalam mencegah Balkanisasi ASEAN sebagai sebuah organisasi kawasan.

“Dari berbagai pandangan tersebut, jelas bahwa Indonesia adalah salah satu pemain utama di kawasan dan global, bukan sebagai penonton,” tandas Menlu Retno.

Menlu Retno juga menyampaikan keberhasilan keketuaan Indonesia dalam menjaga relevansi dan sentralitas ASEAN.

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU