> >

Badan Pengawasan Mahkamah Agung Gelar Workshop 'Whistleblowing System' - MA NEWS

Vod | 10 Oktober 2024, 10:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawasan Mahkamah Agung menggelar workshop seminar penguatan whistleblowing system pada Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Workshop dibuka secara langsung oleh Pelaksana Tugas Harian Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung, Sugiyanto.

Dalam kesempatan yang sama, hadir Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung, Dwiarso Budi Santiarto memberikan arahan kepada para peserta workshop.

Dwiarso mengapresiasi upaya Badan Pengawasan menggelar workshop ini.

Ia mengungkapkan bahwa workshop ini bermanfaat dalam upaya memperbaharui Perma Nomor Sembilan Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan atau whistleblowing system di Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

Dwiarso berharap workshop ini dapat menjadi bahan dalam perumusan revisi Perma Nomor Sembilan Tahun 2016 dan menjadi pedoman Badan Pengawasan Mahkamah Agung dalam menegakkan kode etik hakim dan aparatur pengadilan.

Sementara itu, salah satu anggota kelompok kerja revisi Perma Nomor Sembilan Tahun 2016, Horasman Boris Ivan membenarkan bahwa workshop ini dilakukan berdasarkan gagasan perumusan perbaikan Perma whistleblowing system.

Ivan mengungkapkan tujuan dari workshop ini adalah untuk menggali wawasan dan pengalaman dari praktisi dari negara tetangga seperti Australia dan Badan Pengawasan dari Kementerian Keuangan dalam upaya perlindungan saksi atau pelapor.

Ivan menilai para praktisi memiliki pengalaman lebih dalam upaya perlindungan saksi.

Workshop ini dihadiri pakar dalam perlindungan saksi dan pelapor dari Australia, Professor A.J. Brown dan Badan Pengawasan Kementerian Keuangan, Peter Umar.

Workshop seminar dilakukan secara tatap muka dengan bekerja sama dengan Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) dan Transparency International.

Baca Juga: MA Gelar Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Putusan PTUN di Makassar - MA NEWS

#manews #mahkamahagung #whistleblowingsystem

Penulis : Aisha-Amalia-Putri

Sumber : Kompas TV


TERBARU