> >

Napak Tilas Peringatan Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi Ke-79

Vod | 30 September 2024, 18:04 WIB

BANDUNG, KOMPAS.TV - Dalam memperingati Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi ke-79 tahun, PT Telkom Indonesia Persero Tbk melakukan napak tilas. Kegiatan napak tilas ini dilakukan ke Gedung Telkom dan Pos Kompleks Gedung Sate, serta Stasiun Radio Malabar, bersama mantan karyawan Telkom sebagai penutur sejarah.

PT Telkom Indonesia Persero Tbk memperingati Hari Bhakti Postel, Pos dan Telekomunikasi, dengan menggelar napak tilas ke tempat bersejarah di bidang telekomunikasi.

Di Gedung Telkom dan Pos Kompleks Gedung Sate Kota Bandung, serta Stasiun Radio Malabar di Gunung Puntang, karyawan Pos, Telkom, dan veteran AMPTT turut serta mengenang dan melihat kembali masa perjuangan saat itu serta melakukan napak tilas.

Selain melihat bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya di bidang telekomunikasi, napak tilas juga dilakukan di Stasiun Radio Malabar, Gunung Puntang. Di sini masih terlihat bekas bangunan Stasiun Radio Malabar yang diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jenderal Dirk Fock dan resmi beroperasi pada 5 Mei 1923.

Saat Jepang hengkang dari Indonesia, Belanda ingin kembali menguasai Indonesia. Namun, para pejuang Republik di Bandung Selatan menghancurkan Stasiun Radio Malabar bersamaan dengan peristiwa Bandung Lautan Api. Para pejuang Republik tidak ingin stasiun radio ini digunakan oleh Belanda untuk kembali menjajah Indonesia.

#pos #telkom

Penulis : kharismaningtyas

Sumber : Kompas TV


TERBARU