> >

[FULL] Duta Besar RI untuk Lebanon Ungkap Serangan Israel, Eskalasi Konflik Meluas di Timur Tengah?

Vod | 29 September 2024, 23:30 WIB

KOMPAS.TV - Asap masih mengepul dari reruntuhan bangunan di pinggiran kota Beirut, Lebanon. Serangan udara Israel di lokasi ini, Jumat (27/09) lalu, menewaskan pimpinan Hizbullah, Hasan Nasrallah.

Bukan hanya menewaskan pimpinan Hizbullah, serangan Israel ke Lebanon dalam beberapa hari terakhir juga merenggut korban warga sipil.

Kementerian Kesehatan Lebanon menyebut, akibat serangan Israel dalam dua pekan terakhir, sedikitnya 1.030 warga tewas, 156 di antaranya perempuan dan 87 anak-anak.

Ribuan lainnya luka-luka. Sementara di Gaza, Palestina, serangan Israel juga masih berlanjut, meski korban jiwa telah mencapai lebih dari 41.000 warga Palestina.

Aksi Israel di Gaza dan Lebanon mengundang keprihatinan dunia internasional.

Banyak pihak khawatir aksi Israel di Lebanon akan meningkatkan sekaligus memperluas eskalasi konflik di kawasan Timur Tengah.

Setelah Israel menyerang Lebanon, akankah konflik di Timur Tengah makin meluas? Apa dampaknya bagi Indonesia dan bagaimana mengupayakan perdamaian di wilayah ini?

Simak pembahasan KompasTV bersama Dubes RI untuk Lebanon, Hajriyanto Thohari, dan pakar hukum internasional, Hikmahanto Juwana.

Baca Juga: Desak Dewan Keamanan PBB Hentikan Aksi Israel Serang Lebanon, Menlu RI: Indonesia Tidak Bisa Diam!

#israelseranglebanon #pimpinanhizbullahtewas #israelpalestina #pbb

Penulis : Tesalonika-Ajeng

Sumber : Kompas TV


TERBARU