> >

Mencicipi Segarnya Es Marem yang Bikin Nagih

Jawa tengah dan diy | 28 Oktober 2024, 14:15 WIB

SEMARANG, KOMPAS TV - Inilah kedai es marem, kuliner tradisional legendaris yang hanya ada di Kota Semarang. Tak sulit menemukan kedai es marem di kota atlas ini, salah satunya seperti kedai es marem milik Pak Samadi, yang bertempat di Puri Anjasmoro Semarang.

Pak Samadi sudah berjualan es marem sejak tahun 1999, dia berjualan es marem setiap hari, mulai dari pukul 11.00 siang hingga pukul 06.00 sore

Ada beragam es yang bisa pelanggan pesan di sini, seperti es kombinasi santan, es kombinasi jeruk, es kelapa muda jeruk, es kolak, es teler, dan es jeruk. Satu porsi varian es di kedai es marem di hargai Rp15.000 saja, kecuali es jeruk dihargai Rp5.000 saja. Varian es yang paling banyak digemari oleh pelanggan adalah es kombinasi santan, kemudian es kombinasi jeruk.

“Umumnya es campur santen, es jeruk, es teler, es kolak, kelapa muda jeruk. Untuk harga dari kombinasi santen, kombinasi jeruk, dan es teler, kelapa muda, dan es kolak di harga Rp 15.000, kalau es jruk Rp5.000, jeruk selasih Rp7.000. Yang banyak digemari adalah kombinasi santen, karena es marem hanya ada di Semarang,” tutur Samadi, penjual es.

Christiano, salah satu pembeli yang baru pertama kali mencoba menurutnya es marem ini memiliki cita rasa yang segar dan banyak isian, cocok untuk diminum di cuaca Kota Semarang yang panas.

“Menurut saya seger banget dan cocok di nikmati panasnya Kota Semarang, tadi saya pesan yang kombinasi jeruk, dan rasanya seger juga pas di nimati saat cuaca panas di Kota Semarang,” jelas Cristiano, pembeli.


Keunikan es marem yang disajikan di sini adalah, es nya yang masih menggunakan serutan konvensional. Es yang di serut menumpuk di atas mangkuk, sehingga nampak segar dan menggiurkan.

Es marem sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki makna es yang membuat hati senang. Sesuai dengan namanya, kedai es marem biasanya menyuguhkan beragam varian es dengan berbagai isian, seperti kolang kaling, cincau, cendol, selasih, kelapa, tape singkong, kacang, dan buah-buahan, seperti nangka dan alpukat.

 

#esmarem #semarang #khaskota

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU