> >

Job Fair Menjembatani Lulusan dengan Dunia Kerja

Jawa tengah dan diy | 24 Oktober 2024, 14:05 WIB

PEMALANG, KOMPAS TV - Para pencari kerja memadati lokasi job fair sejak pagi hari, bahkan sebelum acara resmi dibuka. Mereka adalah alumni SMK Muhammadiyah Ulujami, Kabupaten Pemalang.
Total ada 14 perusahaan yang mengikuti job fair Career ini, dan menyediakan sekitar 400 lowongan pekerjaan.

Para pelamar tidak perlu repot-repot melengkapi berkas persyaratan karena cukup scan barcode dan bergabung dengan grup perusahaan untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya.
Job fair ini merupakan upaya sekolah mengakomodir para alumni yang belum bekerja, sekaligus sebagai upaya sekolah agar siswa kelas 12 lulus nanti bisa mudah mendapat pekerjaan.

Pilihannya bermacam-macam, yaitu pencari kerja bisa memilih bekerja di dalam dan luar negeri tergantung minat.

“Tujuannya adalah untuk membuka lowongan kerja, terutama di kelas SMA dan SMK Pekalongan. Harapannya yaitu dengan adanya kegiatan job fair, dapat mengurangi angka pengangguran karena tingginya angka pengangguran di daerah Pemalang dan Pekalongan,” tutur Cecep, Ketua Panitia.

“Harapannya siswa yang sudah lulus dapat bekerja, yang masih di bawah bisa belajar tentang persiapan yang harus dibutuhkan, kalau ingin bekerja di industri perusahaan,” jelas Sukamto, Kepala Wilayah.

Harapannya dengan adanya job fair Career ini, lulusan SMK di Kabupaten Pemalang bisa tertampung di dunia industri baik dalam negeri maupun luar negeri, seperti di Malaysia atau Jepang.

#jobfair #siswasmk #pemalang

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU