> >

Kawanan Tawon Gung Serang Warga, 3 Orang Terluka Serius

Jawa tengah dan diy | 21 Oktober 2024, 14:13 WIB

KULON PROGO, KOMPAS TV - Petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan pemadam kebakaran langsung mengevakuasi warga yang dilaporkan diserang oleh kawanan tawon gung. Dari lima warga yang disengat tawon, tiga diantaranya dibawa oleh petugas ke rumah sakit menggunakan ambulans, untuk segera mendapatkan perawatan.

Tiga warga, yakni dua perempuan dan satu laki-laki dibawa ke RSUD Wates, karena menderita luka serius hingga kondisinya lemas. Kehadiran tawon gung terjadi di Pedukuhan Nganjir, Kelurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

“Korban itu wajahnya sudah penuh dengan sengatan tawon,” ujar Haryono, korban sengatan.

“Ada tiga warga yang menjadi korban sengatan tawon gung. Di sana kita evakuasi sekitar 300 meter tetap masih dikejar. Asal mula kejadiannya dari sarang tawon yang diserang elang,” jelas Nevo Robby Haryadi, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kulon Progo.

Tawon gung mengamuk diduga karena sarang mereka diserang burung sejenis elang. Sarang tawon yang berada di atas pohon dengan ketinggian 12 meter rusak, sehingga tawon mengamuk, dan menyerang warga yang ada di sekitar lokasi. Pasca kejadian, petugas Pemadam Kebakaran Kulon Progo mengusir tawon dengan cara pengasapan.

Kasus warga terluka akibat serangan tawon sangat jarang terjadi di Kulon Progo, Yogyakarta. Warga diimbau agar segera melaporkan ke petugas pemadam kebakaran, jika menemukan sarang tawon di sekitar lingkungan mereka, agar bisa ditindaklanjuti dan tidak membahayakan warga.

#tawongung #kulonprogo #damkar

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU