> >

Andika-Hendi Sapa Ribuan Karyawan Pabrik Garment di Semarang

Jawa tengah dan diy | 11 Oktober 2024, 13:48 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Saat bertemu dengan ribuan karyawan pabrik PT Pantjatunggal Knitting Mill di Jalan Simongan Kota Semarang, cagub Jawa Tengah nomor urut satu, Andika Perkasa mengungkapkan, pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan terhadap industri di Indonesia termasuk garmen.

Tak sedikit pula yang terpaksa merumahkan karyawannya. Sementara itu, pemulihan akibat pandemi berlangsung lambat.

Menyikapi persoalan tersebut, Andika menegaskan perlunya dukungan pemerintah daerah hingga pemerintah pusat untuk memberi stimulus ekspor, sehingga memperbesar ekonomi di regional Jawa Tengah.

“Kalau penjelasan dari direksi tadi, memang sudah sejak Covid, dan karena itu juga permintaan turun mengakibatkan pabrik yang berkapasitas 2500-an pegawai berhenti beroperasional. Setelah Covid, recovery nya engga terlalu cepat, karena plus negara-negara lain itu memberlakukan kebijakan-kebijakan yang memang membantu,” jelas Andika.

“Salah satu masalah tadi menurut saya juga perlu kita hadapi bersama dengan pemerintah provinsi dan pusat. Kalau industri tekstil garmen ini bangkit kembali, ujung-ujungnya kan masyarakat Jawa Tengah yang akan menikmati,” lanjutnya.

Andika menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, jika dirinya terpilih.

Salah satu prioritas utama Andika adalah progam pengentasan kemiskinan, dan perluasan lapangan kerja di Jawa Tengah.

 

#andikaperkasa #pilgubjateng #pilkada2024

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU