> >

Bantu Kebutuhan Warga Klamono Pertamina Sediakan Air Bersih Lewat Program CSR Peri Berdaya

Papua maluku | 9 Oktober 2024, 20:19 WIB

SORONG, KOMPAS.TV – Air merupakan sumber kehidupan dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Hal inilah yang melatar belakangi Pertamina EP Papua Field, menyediakan air bersih kepada masyarakat lewat program CSR Peri Berdaya, pada dua Kampung di Distrik Klasafet Kabupaten Sorong,Papua Barat Daya,sejak Tahun 2022.

Air yang diolah ini berasal dari sungai Klasafet yang sangat keruh. Kemudian melalui Teknologi Portable Water Treatment, berhasil menurunkan kekeruhan air dari 410 MG/L dengan PH 8,9 menjadi 104 MG/L dengan PH 7,0,

Tidak hanya menyiapkan air bersih, namun Pertamina EP Papua Field juga menyediakan tempat penampungan air yang telah diolah dengan kapasitas tangki 64.000 liter, serta pipa untuk langsung disalurkan ke rumah-rumah warga.

Program ini telah dilaksanakan sejak Tahun 2022, untuk dua Kampung di Distrik Klasafet, direncanakan akan ditambah lagi satu kampung yang masih sulit mendapatkan air bersih. Setelah penyediaan air bersih dilakukan, rencananya program ini akan diserahkan ke Pemerintah Kampung untuk diolah secara terus menerus. 

Setelah bertahun-tahun hidup dengan menggunakan air dari sungai yang keruh, kini masyarakat di Distrik Klasafet Klamono, bisa menikmati air bersih dengan muda. Mereka berterima kasih atas bantuan air bersih dari pertamina yang diolah dari air keruh, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tidak hanya itu pelayanan posyandu di Distrik tersebut juga berjalan dengan optimal dan lancar, berkat adanya bantuan air bersih dan fasilitas penampungan air, ditambah sarana pendukung lainnya, seperti peralatan posyandu, pemberian makanan tambahan dan sarana bermain bagi anak yang diberikan oleh Pertamina Ep Papua Field kepada masyarakat.

Selain menjalankan usaha produksi pengeboran minyak, Pertamina EP Papua Field berkomitmen untuk berkontribusi bagi masyarakat di sekitar tempat pengeboran agar dapat hidup dengan sejahtera.

Penulis : KompasTV-Sorong

Sumber : Kompas TV


TERBARU