> >

Masuk Rumah Warga, 2 Ekor Trenggiling Dievakuasi Petugas Damkar

Jawa tengah dan diy | 7 Oktober 2024, 13:20 WIB

CILACAP, KOMPAS.TV - Warga di Desa Mergawati, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dihebohkan dengan keberadaan dua ekor satwa yang dilindungi, yakni trenggiling, di pekarangan rumah salah satu warga. Dua ekor trenggiling itu diduga adalah anak dan induknya, yang belum diketahui darimana asalnya.

Dari temuan tersebut warga menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cilacap untuk mengevakuasi dua ekor trenggiling. Petugas pun tanpa kesulitan memindahkan dua ekor trenggiling ke kandang besi.

Usai mengevakuasi dua ekor trenggiling, petugas juga melakukan upaya pencarian kembali di sekitar lokasi trenggiling ditemukan. Dikhawatirkan masih ada trenggiling lain, namun hasilnya nihil.

“Ada laporan dari warga melihat trenggiling di belakang rumah. Akhirnya, melapor ke pos Damkar Kroya untuk dievakuasi karena hewan ini hewan yang dilindungi. Maka, pos Damkar Kroya meluncur ke Desa Mergawati RT 02 RW 03,” ujar Widiatmoko, Kepala Pos Damkar Kroya.

“Karena hewan langka, jadi kalau kena di warga nanti bisa berurusan dengan BKSDA atau yang melindungi hewan-hewan langka,” imbuhnya.

Usai diselamatkan petugas Damkar membawa dua ekor trenggiling tersebut ke Markas Damkar Kroya, untuk selanjutnya akan diserahkan ke BKSDA Kabupaten Cilacap. Petugas Damkar mengapresiasi langkah warga yang melaporkan temuan satwa dilindungi tersebut untuk dievakuasi.

#cilacap #evakuasitrenggiling #satwalangka

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU