> >

Unik, Jajan Kuliner Tradisional Bayarnya Pakai Koin Gerabah

Jawa tengah dan diy | 20 September 2024, 15:24 WIB

KLATEN, KOMPAS.TV - Salah satu wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Klaten adalah, Wisata Kuliner Tradisional Loka Batari yang terletak di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pengelola Wisata Kuliner Tradisional Loka Batari, Sri Mulatsih, menjelaskan Wisata Kuliner Tradisional Loka Batari ini dikelola oleh ibu-ibu PKK RW 04 Desa Janti. Wisata kuliner ini hadir sebagai wadah atau ruang bagi ibu-ibu untuk mengembangkan UMKM dan potensi perekonomian.

Menariknya, wisata kuliner dengan konsep kembali ke tradisional ini tak hanya menawarkan suasana alami desa, namun juga menawarkan sensasi berbeda, yaitu bertransaksi secara tradisional seperti zaman dulu.

Para pengunjung diwajibkan untuk menukarkan uang rupiah dengan koin kereweng atau koin yang terbuat dari tanah liat di lokasi yang ditentukan. Setiap koin kereweng bernilai Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000.

Sejumlah kuliner tradisional yang rasanya enak dan jarang ditemui seperti sego wiwit, sego liwet, gendar pecel, bebek blondo, lenjongan, cenil, grontol, dan es dawet bisa Anda nikmati hanya dengan bertransaksi menggunakan koin gerabah.

“Kami wadahi di sini dalam rangka meningkatkan perekonomian. Kenapa kami menggunakan kereweng, karena kami kembali ke tradisional, jadi kereweng ini kami gunakan sebagai transaksi,” jelas Sri Mulatsih.

Para pengunjung sengaja datang ke pasar unik ini karena penasaran dengan konsep bertransaksi menggunakan koin kereweng.

“Saya ke pasar sama berenang. Saya beli renjungan, cenil, ketan, sama lupis,” ujar Sri Wahyuni, pengunjung.

Tidak hanya bisa jajan, di Wisata Kuliner Tradisional Loka Batari ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

#klaten #umkm #tradisional 

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU