> >

Ritual Tangkap Ikan Berbasis Kearifan Lokal

Berita daerah | 13 Juni 2022, 10:50 WIB

TALAUD, KOMPAS.TV- Masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud di Sulawesi Utara tepatnya di Kecamatan Nanusa memiliki tradisi luhur menangkap ikan secara massal tanpa bantuan teknologi, tradisi tangkap ikan sekali dalam setahun ini dikenal dengan sebutan Mane'e.

Pantai  pulau intata  menjadi lokasi digelarnya tradisi Mane'e tahun 2022 oleh masyarakat yang bermukim di Kecamatan Nanusa - Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara.

Mane'e merupakan tradisi tangkap ikan massal secara tradisional menggunakan daun kelapa muda yang diikat dengan tali hutan.

Ritual Mane'e selalu melibatkan banyak orang karenanya kerjasama menjadi kunci utama dalam tradisi tahunan warga lokal.

Melalui petunjuk dan petuah dari tokoh adat setempat yang diawali dengan doa kepada sang maha kuasa, warga secara bersama-sama akan menarik janur kelapa dengan panjang ratusan meter  membentuk cekungan untuk "memanggil" ikan berkumpul.

Alat bantu perahu menjadi pelengkap dalam membantu  warga membentangkan tali janur yang panjangnya hingga ratusan meter  //

Saat air laut mulai surut / berbagai jenis ikan akan terperangkap didalam lingkaran janur dan seakan tidak bisa keluar. Tokoh adat akan memberi instruksi seluruh warga maupun tamu pendatang bisa mulai menangkap ikan bersama-sama.

Setiap warga maupun tamu bebas menangkap ikan sesuai kemampuan, asal tetap berhati-hati agar tidak saling berebutan dan saling menciderai satu dengan yang lain.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Moktar Parapaga yang hadir dalam Mane'e kali ini menyebut tradisi ini sudah dilakukan sejak beratus-ratus tahun yang lalu oleh masyarakar setempat dan masih lestari hingga saat ini.

Keseruan menangkap ikan menjadi momen tak terlupakan, terutama bagi tamu yang turut ambil bagian dalam tradisi Mane'e di Pulau Intata.

Tradisi mane'e mengandung makna ucapan syukur  atas segala berkat yang dicurahkan tuhan kepada warga setempat.

Pemerintah  setempat telah menjadikan tradisi Mane'e sebagai salah satu daya tarik Pariwisata unggulan di Kabupaten Talaud.

#kompastvmanado #tradisi #mane’e

Yannemieke Singal Kompas tv Talaud

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 

Penulis : KompasTV-Manado

Sumber : Kompas TV


TERBARU