> >

Penjelasan BMKG Soal Awan ''Tsunami'' yang Buat Heboh Warga Aceh

Peristiwa | 11 Agustus 2020, 09:47 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Video amatir fenomena awan mirip gelombang tsunami yang terjadi secara tiba-tiba di kawasan Meulaboh, Aceh Barat ramai dibagikan warganet di berbagai laman media sosial.

Dari rekaman video amatir, gelombang awan itu sempat dikira warga gelombang tsunami.

Saat gelombang awan menyelimuti Kota Meulaboh, suasana cuaca langsung berubah dari sebelumnya cerah tiba-tiba sempat gelap sesaat disertai hujan lebat dan angin kencang.

Menurut BMKG Meulaboh, awan yang berbentuk gulungan ombak besar terbentuk karena ada masa udara yang naik hangat diatas sehingga berbentuk bergumpalan dan dengan cepat bergerak. 

Awan jenis ini dikenal dengan sebutan awan arcus.

"Sebenarnya ada 2 jenis arcus, arcus yang pertama itu gulung-gulung dan berlandasan, nah kebetulan yang terjadi di Meulaboh tadi pagi itu bergelombang seperti gelombang laut. Dampaknya dari awan ini adalah angin kencang, hujan lebat, hujan disertai petir atau kilat," ujar Reski Prestia Tiwi, Petugas BMKG Meulaboh Nagan Raya.

Awan arcus merupakan fenomena alam yang  terbentuk secara alami, warga diimbau agar tidak panik dan tidak termakan isu hoaks yang menghubungkan dengan kejadian akan datang.

Namun warga diimbau untuk tetap waspada karena dampak yang ditimbulkan awan arcus adalah angin kencang, hujan lebat, serta petir.

Penulis : Reny-Mardika

Sumber : Kompas TV


TERBARU