> >

Keseruan Main Gim Lokal Karya Anak Bangsa di Indonesia Game Developer eXchange/IGDX 2024!

Peristiwa | 21 Oktober 2024, 16:29 WIB

KOMPAS.TV - Indonesia Game Developer eXchange (IGDX) 2024 dihelat kembali dengan menghadirkan ratusan gim (“games”) lokal karya anak bangsa.

Dari “Games Showcase” hingga “Business Matching”, IGDX 2024 turut didukung oleh berbagai pihak; mulai dari pemerintah, sampai swasta.

Salah satu pendukung utama dari gelaran ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan juga Google Play.

Dilaksanakan di Legian, Kuta, Badung, Bali pada 10-12 Oktober 2024; IGDX 2024 juga menjadi tempat diselenggarakannya Google Play Academy Study Jam yang mendatangkan CEO Ikan Asin Productions, Banu Adhimuka untuk membagikan pengalaman terkait praktik terbaik bagi mereka yang ingin masuk ke dalam industri “games”.

Kemudian pada hari terakhir IGDX 2024, adapun perayaan simbolis atas keberhasilan para lulusan sertifikasi Google Play x Unity.

Program pelatihan Google Play x Unity yang terbagi ke dalam tiga jalur pembelajaran ini (Developer, Artist, dan Programmer) mencatat 330 peserta telah menyelesaikan program, dan 155 di antaranya berhasil menerima sertifikat Unity.

Director of Google Play Asia-Pacific (APAC), Kunal Soni menyebut lulusan Google Play x Unity yang naik delapan kali lipat dari tahun sebelumnya ini, berhasil membuktikan bahwa industri dan masa depan pengembangan gim lokal di Indonesia menunjukkan tren positif.

“Program Gooogle Play x Unity Game Developer Training membekali para pengembang gim dengan keterampilan kelas dunia dalam desain, pengembangan, dan monetisasi gim,” pungkas Kunal.

_____________

Reporter: Edwin Zhan

Videographer/Video Editor: Agung Ramdani

Baca Juga: Kolaborasi Skala Global Antara Gramedia dan Kadokawa: Terbitkan Buku, Animasi, Komik, hingga Gim!

#igdx2024 #googleplay #gamedeveloper

Penulis : Edwin-Zhan

Sumber : Kompas TV


TERBARU