> >

Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober: 10 Panggung Rakyat Disiapkan, Relawan Dikerahkan

Peristiwa | 17 Oktober 2024, 10:35 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kiri) usai mengikuti Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang, bukan hanya diisi acara seremonial, tetapi juga pesta rakyat. Setelah sumpah janji diucapkan, ada 10 panggung hiburan disiapkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepanjang Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, hingga kawasan Silang Monas. 

Mengutip Kompas.id, panggung-panggung hiburan itu akan menyajikan berbagai hiburan oleh artis-artis Ibu Kota. Pertunjukan di panggung-pangung itu akan berlangsung dari siang hingga malam untuk menghibur rakyat di hari pelantikan Prabowo-Gibran.

Pelantikan tersebut juga akan menjadi panggung kehormatan bagi Prabowo dan Gibran setelah resmi menjadi Presiden dan Wapres RI.

Baca Juga: Ternyata, Budi Gunawan Ikuti Pembekalan Calon Menteri Kabinet Prabowo Gibran di Hambalang Bogor

Dari informasi yang ditelusuri Kompas di Istana dan Sekretariat MPR/DPR, Rabu (16/10/2024), sejumlah ruas jalan di Jakarta akan disesaki oleh para sukarelawan Prabowo-Gibran dan Presiden Joko Widodo di hari Prabowo-Gibran dilantik sebagai Presiden-Wapres RI di MPR, Jakarta.

Prabowo-Gibran akan menaiki mobil kepresidenan. ”Keduanya akan menggunakan mobil kepresidenan,” ujar sumber Kompas.TV di Istana. Namun, tidak tertutup kemungkinan Prabowo naik kuda. 

”Karena jaraknya lebih dekat, ketimbang dari Bundaran Hotel Indonesia seperti Pak Jokowi dulu bersama Pak Jusuf Kalla mengenakan kereta kencana, Pak Prabowo bisa saja naik kuda,” ujar sumber tersebut.

Baca Juga: Presiden Terpilih Prabowo Ulang Tahun ke-73 Hari Ini, Anies hingga Erick Thohir Beri Ucapan Selamat

Persiapan pelantikan Prabowo-Gibran sudah terlihat di Kompleks Parlemen, sejak Rabu (16/10/2024). Pantauan Kompas.TV, karpet merah sudah disiapkan di  Gedung Nusantara I alias gedung kura-kura tempat pengambilan sumpah dilakukan. Lalu tampak pasukan dari Polisi Militer (PM) melakukan gladi kotor mengantar tamu negara menuju lokasi pelantikan.   

 

Penulis : Iman Firdaus Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU