> >

Ahmad Muzani: Pemerintah Harus Gunakan Pengaruhnya untuk Kurangi Eskalasi di Timur Tengah

Politik | 3 Oktober 2024, 14:41 WIB
Ketua MPR RI Ahmad Muzani di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2024). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, pemerintah harus menggunakan pengaruhnya untuk mengurangi eskalasi di Timur Tengah. Sebab, memanasnya tensi politik di sana harus segera diredam agar tak meluas dan mengarah ke perang dunia. 

"Kita sekarang menyaksikan eskalasi politik yang luar biasa yakni meluasnya eskalasi di timur tengah yang memungkinkan terjadinya berbagai macam bahaya di depan kita," kata Muzani dalam pidato perdananya setelah dilantik menjadi Ketua MPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2024). 

"Karena itu, dari mimbar yang terhormat ini, atas nama MPR, atas nama bangsa dan rakyat Indonesia, kami mohon hormat agar pemerintah menggunakan pengaruhnya untuk mencegah agar eskalasi tidak meluas dan merambat ke mana-mana," ujarnya. 

Baca Juga: Ahmad Muzani dan 8 Wakilnya Resmi Ditetapkan Jadi Pimpinan MPR RI 2024-2029

Namun, bangsa Indonesia harus tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina sebagai sebuah komitmen yang tetap dijunjung tinggi.
 
Politikus Gerindra itu mengatakan bahwa kemerdekaan Palestina merupakan sebuah amanah sejarah yang dipikul sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955, melalui Dasasila Bandung. Namun, sampai sekarang, amanat itu belum tercapai.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat, termasuk media, lembaga swadaya masyarakat, akademisi untuk bersinergi dalam menyuarakan kepentingan rakyat Palestina. Kita harus berkolaborasi untuk memastikan bahwa suara mereka didengar dan diperjuangkan mendapatkan dukungan internasional yang kuat," ujarnya.

Baca Juga: Tok! Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Ditetapkan Jadi Ketua MPR Periode 2024-2029

Ahmad Muzani resmi ditetapkan menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029. 

Penetapan itu bersama dengan delapan wakillnya yang merupakan perwakilan dari masing-masing fraksi partai politik di MPR RI. Keputusan itu diambil dalam Rapat Paripurna MPR RI, Kamis (3/10/2024). 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU