> >

Kalahkan La Nyalla Mattalitti dan Resmi Jadi Ketua DPD, Sultan Najamudin Akan Temui Prabowo

Politik | 2 Oktober 2024, 09:04 WIB
Ketua DPD RI Sultan Najamudin. (Sumber: Tribunnews.com/Chaerul Umam.)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPD RI Sultan Najamudin mengaku akan menemui presiden terpilih Prabowo Subianto. Sebab, kata dia, silaturahmi antar pimpinan lembaga negara diperlukan, sehingga menciptakan hubungan yang harmonis. 

Hal itu ia katakan setelah mengalahkan LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam perebutan kursi Ketua DPD RI, Selasa (2/10/2024) dinihari. 

"Ya tentu, karena mereka berkali-berkali mengatakan kita harus saling ketemu, kita harus sering diskusi," kata Najamudin di gedung DPD, Jakarta, Selasa. 

Baca Juga: Detik-detik Sultan Najamudin Terpilih jadi Ketua DPD RI 2024-2029, Kalahkan Lanyalla Mattalitti

Prabowo, kata Sultan, mengatakan bila Indonesia ingin menjadi negara maju, kuncinya adalah kerukunan antar elite dan masyarakat Indonesia. 

"Karena memang beliau (kata Prabowo) harus bersatu, kita harus kuat, karena negara sebesar kita, modal atau keunggulan kita itu dikemajemukan," ujarnya.

Namun, ia belum menentukan waktu pasti pertemuan tersebut akan terlaksana. "Dalam waktu dekat (akan bertemu Prabowo)," ujarnya. 

Pada periode 2024-2029, sistem pemilihan Ketua DPD RI dilakukan secara paket calon pimpinan. Terdapat dua paket yang masing-masing terdiri dari empat anggota DPD RI sebagai calon pimpinan. Sultan dari Sub Wilayah Barat I dalam paket pimpinan yang dibentuknya menggandeng GKR Hemas, senator asal Daerah Istimewa Yogyakarta dari Sub Wilayah Barat II, Yorrys Raweyai senator asal Papua yang mewakili Sub Wilayah Timur II, dan Tamsil Linrung, senator asal Sulawesi Selatan dari Sub Wilayah Timur I.

Sultan meraih suara terbanyak dengan 95 suara, mengungguli LaNyalla dengan perolehan suara sebanyak 56 suara.

Senator asal Provinsi Jawa Timur itu menggandeng paket pimpinan bersama Nono Sampono senator asal Maluku, Elviana senator asal Jambi dan Andi Muhammad Ihsan senator asal Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Pelantikan DPR-DPD RI: Para Wakil Rakyat Tampil Menawan dalam Beragam Pakaian Adat

Berdasarkan penghitungan, Sultan ditetapkan sebagai Ketua DPD RI. Kemudian, GKR Hemas sebagai Wakil Ketua I, Yorrys Raweyai sebagai Wakil Ketua II dan Tamsil Linrung sebagai Wakil Ketua III DPD RI.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU